Negara Donor “Manjakan” BRR

Friday, April 13, 2007
By nias

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) menilai lembaga dan negara donor terlalu “memanjakan” Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias.

“Saya melihat pihak donor terlalu memanjakan BRR Aceh-Nias. Padahal kinerjanya belum memuaskan masyarakat, terutama korban bencana alam gempa dan tsunami di Aceh,” kata Sekjen Forum LSM Aceh Wiradinata di Banda Aceh, kemarin.

Dijelaskan, pihak lembaga dan negara donor terlalu memberi nilai bagus terhadap BRR, sehingga mereka nyaris tidak mau mendengar apresiasi dan kritikan yang dilontarkan masyarakat, termasuk sejumlah LSM. “Karena perlakuan berlebihan itu, maka BRR di Aceh tidak mau mendengar kritikan, baik dilakukan masyarakat korban maupun LSM dan pemerintah lokal,” jelas dia.

Ia menilai, hampir dua tahun keberadaan BRR Aceh-Nias yang ditugaskan sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, namun kinerjanya dinilai belum berhasil membawa perbaikan nasib masyarakat yang tertimpa musibah. “Pembangunan rumah banyak mengalami masalah terkait dengan kualitas bangunannya, sehingga ada masyarakat yang menolak rumah bantuan BRR Aceh-Nias,” ujar dia.

Seharusnya kehadiran BRR Aceh-Nias berperan membangun dan membangkitkan kembali sektor ekonomi masyarakat, misalnya dengan pembangunan industri kecil dan menengah, sehingga penduduk mendapatkan lapangan pekerjaan pasca bencana alam.

“Jadi ada kekhawatiran pasca BRR Aceh-Nias, maka akan terjadi ledakan pengangguran di Aceh dan itu tentunya akan menjadi problem masyarakat dan pemerintah. Ledakan pengangguran itu terjadi karena BRR tidak menciptakan lapangan kerja dengan membangun industri kecil dan menengah di daerah ini,” ujar Wiradinata.

Pasca kehadiran BRR yang sampai 2009, kata dia, mungkin seluruh rumah korban tsunami di Aceh sudah tuntas dibangun. Namun, persoalan baru akan muncul yakni terkait dengan ketersediaan lapangan kerja. “BRR masih punya kesempatan dua tahun lagi untuk memperbaiki kekurangan,” tukas Wiradinata.

Sumber: Harian Global, 13 April 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30