Tanggal/Hari Lahir Kabupaten Nias Selatan

Wednesday, April 11, 2007
By nias

Seorang pengunjung setia Yaahowu mengirim email, memberi saran agar Situs Yaahowu menyediakan ruang untuk mengenang lahirnya Kabupaten Nias Selatan. Saran itu baik sekali, namun Redaksi tidak tahu persis “tanggal/hari lahir” Kabupaten Nias Selatan. Dalam buku “Nias Selatan Dalam Angka – 2003” yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten (BPS) Nias tercatat 4(empat) tanggal penting, yakni:

  1. 1 Mei 2000: keluarnya Keputusan DPRD Kabupaten Nias nomor: 02/KPTS/2000 tentang persetujuan Pemekaran Kabupaten Nias menjadi dua Kabupaten,
  2. 25 Agustus 2002: keluarnya Keputusan DPRD Propinsi Sumatera Utara no. 19/K/2002 tentang Persetujuan Pemekaran Kabupaten Nias,
  3. 25 Februari 2003: keluarnya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Pakpak Bharat, dan Kabupaten Humbang Hasundutan di Propinsi Sumatera Utara, dan
  4. 28 Juli 2003: peresmian Kabupaten Nias Selatan di Medan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI.

Yang manakah yang menjadi Tanggal/Hari Lahir Kabupaten Nias Selatan ?

10 Responses to “Tanggal/Hari Lahir Kabupaten Nias Selatan”

  1. 1
    Restu Jaya Duha Says:

    Yth. Redaksi

    Terima kasih atas pemuatan artikel ini, sangat menarik, saat setelah Kabupaten Nias Selatan terbentuk, teman-teman termasuk saya dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias (Kabupaten Induk) menyiapkan buku perdana yaitu KABUPATEN NIAS SELATAN DALAM ANGKA 2003 diterbitkan tahun 2004, termuat data tentang Kabupaten Nias Selatan secara komprehensif. Data ini juga sebelumnya digunakan untuk pengajuan dan pengkajian tentang syarat/kriteria pembentukan calon Kabupaten Nias Selatan.

    Dalam buku tersebut juga termuat kronologis peraturan perundangan lahirnya Kabupaten Nias Selatan seperti pada artikel di atas.

    Kalau pertanyaan di atas, yang manakah yang menjadi Tanggal/Hari Lahir Kabupaten Nias Selatan?
    Menurut hemat saya dengan keluarnya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Pakpak Bharat, dan Kabupaten Humbang Hasundutan di Propinsi Sumatera Utara, yang disyahkan oleh DPR-RI tanggal 25 Februari 2003. Saat itulah Kabupaten Nias Selatan lahir, sebab tidak ada lagi peraturan perundangan yang lebih tinggi setelah itu.
    Kalau tanggal peresmian Kabupaten Nias Selatan dipedomani saya pikir kurang tepat, sebab ibarat perkawinan, telah disyahkan melalui pencatatan sipil dengan terbitnya Akte Perkawinan atau Buku Nikah, kemudian pestanya bisa hari berikutnya.

    Saya ingat betul bahwa setelah keluar UU tersebut masyarakat Nias khusus Nias Selatan bersorak gembira merayakan kemenangan.

    Demikian pendapat saya.

    Ya’ahowu Fefu

    Restu Jaya Duha
    Karlsruhe-Jerman

  2. 2
    Metodius Sarumaha Says:

    Seperti Saudara Restu Jaya Duha sudah katakan, bagi saya juga artikel tentang kelahiran Kab. Nias Selatan adalah suatu hal yang menarik. Saya katakan menarik karena ada sesuatu yang indah untuk dilihat. Kabupaten Nias mekar menjadi dua Kabupaten: Kab. Nias dan Kabupaten Nias Selatan. Ibarat bunga, Kabupaten Nias kita lihat indah sesudah mekar tambah indah lagi. Sesuatu yang indah adalah suatu yang bernilai. Sesuatu yang indah kalau dipelihara, dirawat maka keindahannya akan lestari. Bukan hanya itu, melainkan juga akan menarik perhatian banyak pihak baik dari dalam Negeri sendiri maupun dari luar Negeri. Mereka tentu ingin melihatnya dari dekat dan lebih dekat lagi. Pemekaran Kabupaten Nias dan lahirnya Kabupaten Nias Selatan bagi saya adalah satu butir sejarah daerah Nias yang patut dicatat dan diketahui bukan saja oleh generasi sekarang tapi juga generasi selanjutnya. Untuk sementara inilah yang bisa saya sumbangkan untuk kita. Selanjutnya, barang kali saudara Restu Jaya Duha bisa membantu kita dengan menyebutkan nama-nama Kecamatan yang termasuk dalam Kabupaten Nias Selatan sekarang ini, di pihak lain kalau ada saudara lain yang bisa menuliskan untuk kita juga Kecamatan mana saja yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Nias sekarang ini ? Terima kasih atas perhatiannya.

    Ya’ahowu ita fefu

    Sdr. Metodius Sarumaha

  3. 3
    Restu Jaya Duha Says:

    Yth. Bapak Metodius Sarumaha

    Sesuai permintaan Bapak Sarumaha, saya informasikan nama-nama kecamatan yang tergabung di Kabupaten Nias Selatan sebanyak 8 kecamatan yaitu :
    1. Kecamatan Teluk Dalam
    2. Kecamatan Pulau Pulau Batu
    3. Kecamatan Hibala
    4. Kecamatan Lahusa
    5. Kecamatan Gomo
    6. Kecamatan Amandraya
    7. Kecamatan Lölöwa’u
    8. Kecamatan Lölömatua.
    [Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Nisel, 2007]

    Sedangkan jumlah kecamatan di Kabupaten Nias sebanyak 32 kecamatan dan 1 kecamatan persiapan (Sumber : BPS Kab. Nias, 2007).

    Maaf, untuk nama-nama kecamatannya saat sekarang tidak dapat saya informasikan.
    Semoga info ini dapat bermanfaat.

    Kalau boleh tahu berada di kota mana Bapak Sarumaha? Terima kasih.

    Selamat berkarya.

    Salam dari Karlsruhe

    Restu Jaya Duha

  4. 4
    Metodius Sarumaha Says:

    Ibu kota Kabupaten Nias Selatan adalah Teluk Dalam. Kalau hari lahirnya berdasarkan Undang-Undang RI No. 9 tahun 2003, tanggal 25 Februari 2003 berarti umurnya masih sangat muda. Semoga panjang umurnya, maju pembangunannya dan makmur masyarakatnya.

    Salam dari
    Sdr. Metodius Sarumaha
    Frankfurt- Jerman.

  5. 5
    Restu Jaya Duha Says:

    Yth. Bapak P. Metodius Sarumaha, Ofm.Cap

    Menyambung informasi yang lalu jumlah kecamatan di Kabupaten Nias sebanyak 32 kecamatan(Sumber : BPS Kab. Nias, 2007).

    Nama-nama Kecamatan di Kabupaten Nias sebagai berikut :
    1. Kecamatan Idanögawo
    2. Kecamatan Bawölato
    3. Kecamatan Ulugawo
    4. Kecamatan Gidö
    5. Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi
    6. Kecamatan Lölöfitu Moi
    7. Kecamatan Ma’u
    8. Kecamatan Somolo-molo
    9. Kecamatan Sirombu
    10. Kecamatan Lahömi
    11. Kecamatan Mandrehe
    12. Kecamatan Mandrehe Barat
    13. Kecamatan Moro’o
    14. Kecamatan Mandrehe Utara
    15. Kecamatan Ulu Moro’o
    16. Kecamatan Hiliduho
    17. Kecamatan Hili Serangkai
    18. Kecamatan Botomuzöi
    19. Kecamatan Gunung Sitoli Alo’oa
    20. Kecamatan Gunung Sitoli
    21. Kecamatan Gunung Sitoli Selatan
    22. Kecamatan Tuhemberua
    23. Kecamatan Lotu
    24. Kecamatan Sitölu Öri
    25. Kecamatan Gunung Sitoli utara
    26. Kecamatan Sawö
    27. Kecamatan Alasa
    28. Kecamatan Namöhalu Esiwa
    29. Kecamatan Alasa Talu Muzöi
    30. Kecamatan Lahewa
    31. Kecamatan Afulu
    32. Kecamatan Lahewa Timur

    Semoga data ini dapat bermanfaat.

    Catatan Kecil:
    1. Terima kasih Bapak P-Metodius Sarumaha, Ofm.Cap, saya sangat terkejut bahwa Bapak tinggal di Frankfurt-Jerman, wah tetangga kita, Kami ingin dan sangat senang bertemu dengan Bapak. Pada hari Sabtu yang akan datang, 21 April 2007, saya akan Ke Frankfurt Flughafen Hbf jam 7.00-9.45 pagi berada di sana untuk menjemput Sara dan Noni dari Indonesia.
    Bagaimana adakah waktu Bapak? Terima kasih. Tuhan Berkati.

    2. Artikel Bapak menarik „Sesudah Kematian Ada Kebangkitan“ dalam rangka memperingati Paskah, untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari. Tuhan melindungi kita. Amin.

    Ya’ahowu !

    Salam

    Restu Jaya Duha
    Karlsruhe – Jerman

  6. 6
    Elyardman Sarumaha Says:

    Menurut saya “tanggal/hari lahir” Kabupaten Nias Selatan, kiranya tidak menjadi polemik yang tajam. Karena yang sangat penting adalah bagaimana memberi “content” kepada Kabupaten Nias Selatan. Namun bila saya ditanya secara pribadi maka saya akan memilih 25 Februari 2003 di mana tanggal ini adalah terbitnya peraturan perundang-undangan (dasar hukum) mengenai Pembentukan Kabupaten Nias Selatan.

    Elyardman Sarumaha
    Balikpapan (eli_sarumaha@yahoo.com)

  7. 7
    Stadi Dachi Says:

    Pak Bupati Nias Selatan tolong diperhatikan pemilihan sekretaris desa Bawogosali dengan syarat keuangan untuk lolos menjadi skretaris desa karena menurut mereka sekretaris desa yang terpilih nanti akan diangkat menjadi PNS, apakah ini betul ?

  8. 8
    azwar Says:

    saya mau menanyakan apakah ada peseta tim nasyid putra yang di utus dari kabupaten nias selatan ?
    kalau memang tidak ada apakah kami boleh ikut bergabung dengan kabupaten nias selatan untuk menjadi tim nasyid utusan dari nias selatan untuk acara festivalnasyid tahun 2009 yang diadakan di siantar pada bulan juli nantinya ?
    kalau memang di izin dari pihak kabupaten nias selatan kami sangat senang sekali bergabung di kabupaten nias selatan. contac person kami 081361533256 terima kasih

  9. 9
    Yustitus Zagoto Says:

    Perihal tgl/hari lahir Kabupaten Nias Selatan telah/sudah ditetapkan oleh mereka-mereka yang berkompeten, mari kita rayakan pemekeran ini
    dengan mengubah pola pemikiran lama kita menjadi pemikiran baru untuk
    menuju kesuksesan dan hal ini telah/sudah dimulai oleh saudara-saudara
    yang ada di LN maupun DN bergandeng tangan “Bersama Kita Bisa Memba ngun Daerah Nias Selatan”. Pada kesempatan ini perkenankan kami me nyampaikan perkenalan kami kepada saudara-saudara :
    Nama

  10. 10
    rully amazihono Says:

    Dimana-mana, yang dijadikan hari jadi itu adalah hari peresmian. itu lantaran ada banyak prosedur yang harus dilewati…misalnya surat-surat keputusan tersebut diatas. Nah,,,peresmianlah yang menjadi klimaks dari semua prosedur itu…dimana peresmian menjadi ajang untuk pemberitahuan kepada khalayak umum, pesta perayaan dan puncak dari segala usaha untu mewujudkannya…!! Itu hanya pendapat,,,semoga bisa menjadi pertimbangan bagi pihak2 yang berkompeten. Terima kasih, Yaahowu n Jayalah Nias Selatan.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30