FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel

Thursday, March 22, 2007
By nias

Yogyakarta (Yaahowu)

Anak-anak lulusan SMU dari Nias yang berprestasi, diterima di FK-UGM (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta dengan sistem penjaringan bibit unggul. Demikian dikatakan Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) ketika menerima 16 orang mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nias Selatan di Ruang Sidang Utama KPTU Lantai III FK-UGM, Rabu 21 Maret 2007.

Mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nisel ini diserahkan Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan Wabup Nias Selatan Daniel Duha, SH. Kegiatan ini merupakan langkah konkret dari program jangka panjang pemenuhan kebutuhan tenaga dokter umum di kawasan kepulauan Nias, dengan dukungan dana beasiswa dari BRR Nias hingga April 2009.

FK-UGM memberi kuota 16 orang bibit unggul asal Nias dan Nisel dari sekitar 150 mahasiswa yang akan diterima FK-UGM pada tahun 2007. Kebijakan ini menurut Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) adalah wujud dari Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengabdian masyarakat, dari pihak UGM untuk masyarakat kepulauan Nias yang mengalami bencana. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari Pusat Manajemen Kesehatan FK-UGM, dipimpin Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa perlu perlakuan khusus pada daerah yang khusus seperti kepulauan Nias. Diperkirakan SDM atau masyarakat kepulauan Nias yang dilanda bencana akan cukup sulit bersaing dengan sekitar 150 orang untuk masuk FK-UGM. Sehingga dalam kebijakan penanganan daerah dicoba rumusan pengembangan SDM dengan membuka slot atau memberi kuota bagi bibit unggul yang ada. Setelah diterima di FK-UGM kepada mereka diberi kuliah matrikulasi, sambil menunggu mahasiswa baru yang melewati jalur umum.

Ke-16 bibit unggul asal Nias dan Nisel itu adalah: Greta Selfani Gulö, Yan Mahmud Fau, Dhyan Herlina Harefa, Septrian Warisman Zega, Yeti Oktaviana Zebua, Yunianti Lafau, Six Mey Karyani Mendröfa, Lely Ester Juniana Harefa, Dewi Marminta Lase, Yeni Lestaria Lase, Pasti Rahmat Daeli, Jumaidi Sihura, Demuli Zebua, Andi Rahmad Saro Waruwu, Andi Sujana Felix Juan Zebua, dan Weny Seprita Harefa

Bulan Agustus 2006 yang lalu, FK-UGM juga menerima 9 mahasiswa Magister Kesehatan dan 13 mahasiswa Dokter Spesialis asal Nias dan Nisel. Mahasiswa Magister Kesehatan: Ismed Krisman Amazihönö, SKM, Oktavianus Hulu,SKM, Peringatan Harefa, SKM, Everoni Mendröfa, SKM, Oberlin Kurniawan Gea, SKM, dr. Contesa Maruhawa, Rosina Gulö, SP, Jumar Kores Ginting, SKM, dan Kasih Trisnawati Zebua, S.Si, Apt.

Sedang mahasiswa Dokter Spesialis: dr. Hönazaro Marundruri, dr. Fatolosa Panjaitan, dr. Yamoguna Zega, dr. Tatik K. Ziliwu, dr. Fany Grace Hondrö, dr, Albertinus F. Daeli, dr. Vincensius Kurniel Nazara, dr. Desriyata Hia, dr. Sayangi Halawa, dr. James Batalya Gaho, dr. Yuliani Zalukhu, dr. Leo Ganumba, dan dr. Joice.

Selain menerima mahasiswa Program Pendidikan Dokter (S1), Magister (S2), dan Dokter Spesialis, untuk mengisi kekosongan dokter di kepulauan Nias, FK-UGM bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito mengirim bantuan tenaga medis (dokter spesialis dan residen senior) ke Nias dan Nisel.

Usai penyerahan 16 mahasiswa asal Nias dan Nisel ini, dilanjutkan kegiatan Semiloka “Persiapan Penyusunan Sistem Kesehatan Kepulauan Nias dalam Kerangka Memperkuat Kemampuan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias dan Puskesmas” selama 2 hari. Demikian dilaporkan Victor Zebua, wartawan Yaahowu, dari Yogyakarta. (wypj).


Berikut adalah foto-foto penandatanganan memorandum kesefahaman (MoU) penyerahan 16 orang putra-putri dari Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan menjadi mahasiswa FK-UGM yang baru. (Foto: Victor Zebua).

Bupati Nias, Binahati Baeha, SH

Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) dan Wakil Bupati Nisel, Daniel Duha, SH.

61 Responses to “FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel”

Pages: « 1 2 3 4 5 [6] 7 » Show All

  1. 51
    maswan sitanggang,Skom Says:

    trims say “”
    bagus anak nias ada kemajuan untuk masuk ugm dan semoga ilmunya dapat disalurkan untuk masa depan nias dan jangan lupa untuk bertobat “”””

  2. 52
    Ir.U.Hoswari (Oen Tiong Bun) Says:

    Saya sangat senang mendengarkan 16 Putra/i terbaik Pulau Nias diterima di Fakultas Kedokteran UGM, semoga ilmu yang didapat, kelak digunakan untuk membantu masarakyat Nias.
    Ya’ahowu!

  3. 53
    Ir.U.HOSWARI Says:

    TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA,AMIN

    Setelah saya memberi comment singkat pada october 26th,2008 dua hari kemudian saya terpikir kembali mengenai ke 16 calon dokter Nias yang kelak akan mengabdi pada masarakyat Nias, yang mana saya terpikir ada baiknya ke 16 calon dokter harus dikoordinir oleh Pemda Nias agar ke 16 calon dokter mengambil spesialis masing-2 sesuai dengan kemampuannya seperti:
    1.Dokter spesialis Kebidanan (kandungan)
    2.Dokter spesialis Anak
    3.Dokter spesialis internist
    4.Dokter spesialis THT
    5.Dokter spesialis yang lain
    Disamping kebutuhan dokter di Nias yang dalam beberapa tahun lagi akan terealisasi perlu dipikirkan calon perawat (Nurse), dan yang tak kala pentingnya adalah apa yang akan dilakukan oleh dokter-dokter kita kelak jika mereka nantinya kembali kekampung halaman untuk mengabdi pada masarakyat, jika ilmu yang dimiliki tidak didukung dengan fasilitas (peralatan)rumah sakit yag lengkap, maka untuk itu sudah saatnya Pemda Nias memikirkan hal ini.
    Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda Nias yang telah memikirkan awal kebangkinan Nias dalam kesehatan.Semoga Tuhan Melindungi Kita Semua, Amin.

    Ir.U.HOSWARI

  4. 54
    pdt. jhonston Says:

    ok sukses orang nias , tapi kalian itu perlu juga bertobat biar jangan jadi batu sandungan kepada orang alin

  5. 55
    katerina Says:

    ya orang nias harys berubah biar jangan taunya yang enak daja di medan ada stt yang si dominasi orang nisd , disana mereka jadi beban orang lain belum lagi kami sengar mereka merusak anak orang, maunya itu si selesaikan dulu biar jangan buat malu orang nias

  6. 56
    asya zega Says:

    syalom…

    sukses buat kakak dari nias..,
    saya sangat seneng bahwa bibit2 dari nias tidak kalah dari daerah lain,,

    semangat…….
    semangat…….
    semangat……
    mudah2an lewat prestasi orang kk,
    nias akan semakin maju!!

    chayoooo..
    JCLU ^_^

  7. 57
    jumadi syhura Says:

    kpd Ir.U.HOSWARI……

    saya sependapat bila Bapak ingin kami (16 cado beasiswa pEmBda nias) nantinya bisa mengambil spesialis lagi agar pelayanan kesehatan masyarakat nias lebih maximal…

    kpd semua teman2,kakak2,abang2,adek2,bapak2,ibu2 n semuanya…,
    saya mewakili teman2 untuk mengucapkan terimakasih atas dukungan doa nya semua…

    YAAHOWU…..

  8. 58
    jumadi syhura Says:

    kpd yth ; Ibu dr.Astrid Kartika

    saya juga merasa tersinggung atas orang2 yang mengatakan “bahwa program beasiswa FK UGM yg kami terima adalah karena permainan duit…”

    saya tidak tau apa maksud dari org bersangkutan yg mengatakan hal demikian…

    kepada yth : NIASINTAKOR

    jadi,saya juga mau memberitahu kpd siapa saja yg merasa telah menyebar fitnah memalukan itu,mohon meminta maaf kpd Beliau2 yg anda sebutkan namanya diatas…

    asal tau…Saya berasal dari keluarga tidak mampu.
    dan diantara kami semua,kami berasal dari keluarga yang bervariasi…
    meskipun diantara kami ada yg keluarga pejabat,bukan berarti dia bsa lolos seleksi karena permainan duit…
    harap mengerti….
    saya tidak kenal siapa anda…
    dan karena apa yang saya dapatkan sekarang bertolak belakang dari pendapat saudara (yg mengatakan “kami adalah calon dokter kkn”),saya hanya bisa menatakan “SEMOGA TUHAN MEMBERKATIMU SAUDARA”
    yaahowu….

  9. 59
    Ir.U.HOSWARI Says:

    Buat Adik jumadi syhura saya sarankan serahkanlah semua komentar-komentar yang tidak membangun kepada Tuhan Jesus, Amin.

  10. 60
    KRISTIAN Says:

    XAIPETE(baca:kherete), SYALOM artinya, YAAHOWU, HORAS, MEJUAH-JUAH. barangkali saudara/i tahu maksud mengapa salam ini harus diucapkan. saya salut dengan 30 dan 31 yang melontarkan hal2 yang bodoh terhadap anak nias. saudara! meskipun lain suku dsb, itu bukan penentu karakter atau ciri khas seperti yang saudara lontarkan. saya bukan merasa tersinggung, tetapi kasihan saja sama saudara. mengapa? jika itu pun betul, bahwa kebetulan anda bertemu dengan anak nias yang bandel atau yang macam2, tetapi anda salah jika anda menjadikan itu cap atas semua anak nias. anda berarti belum membuka mata, seandainya saja kita sekarang pergi ke penjara sekarang, anda akan lihat bahwa penghuni paling banyak disana bukanlah orang nias. terlalu klasik kata2 yang anda buat itu, harap untuk mengerti. kalau anda juga seorang beragama, anda pasti tahu apa itu dosa, dan juga konsekuensinya. yang anda lakukan itu adalah dosa, meskipun benar itu dilakukan oleh kawanmu anak nias bukan berarti dipublikasikan. apalagi kalau itu tidak benar, anda sudah membuat fitnah yang lebih kejam dari pembunuhan. berubahlah yah. JBU (JESUS BLESS YOU).

Pages: « 1 2 3 4 5 [6] 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita