FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel

Thursday, March 22, 2007
By nias

Yogyakarta (Yaahowu)

Anak-anak lulusan SMU dari Nias yang berprestasi, diterima di FK-UGM (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta dengan sistem penjaringan bibit unggul. Demikian dikatakan Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) ketika menerima 16 orang mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nias Selatan di Ruang Sidang Utama KPTU Lantai III FK-UGM, Rabu 21 Maret 2007.

Mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nisel ini diserahkan Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan Wabup Nias Selatan Daniel Duha, SH. Kegiatan ini merupakan langkah konkret dari program jangka panjang pemenuhan kebutuhan tenaga dokter umum di kawasan kepulauan Nias, dengan dukungan dana beasiswa dari BRR Nias hingga April 2009.

FK-UGM memberi kuota 16 orang bibit unggul asal Nias dan Nisel dari sekitar 150 mahasiswa yang akan diterima FK-UGM pada tahun 2007. Kebijakan ini menurut Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) adalah wujud dari Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengabdian masyarakat, dari pihak UGM untuk masyarakat kepulauan Nias yang mengalami bencana. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari Pusat Manajemen Kesehatan FK-UGM, dipimpin Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa perlu perlakuan khusus pada daerah yang khusus seperti kepulauan Nias. Diperkirakan SDM atau masyarakat kepulauan Nias yang dilanda bencana akan cukup sulit bersaing dengan sekitar 150 orang untuk masuk FK-UGM. Sehingga dalam kebijakan penanganan daerah dicoba rumusan pengembangan SDM dengan membuka slot atau memberi kuota bagi bibit unggul yang ada. Setelah diterima di FK-UGM kepada mereka diberi kuliah matrikulasi, sambil menunggu mahasiswa baru yang melewati jalur umum.

Ke-16 bibit unggul asal Nias dan Nisel itu adalah: Greta Selfani Gulö, Yan Mahmud Fau, Dhyan Herlina Harefa, Septrian Warisman Zega, Yeti Oktaviana Zebua, Yunianti Lafau, Six Mey Karyani Mendröfa, Lely Ester Juniana Harefa, Dewi Marminta Lase, Yeni Lestaria Lase, Pasti Rahmat Daeli, Jumaidi Sihura, Demuli Zebua, Andi Rahmad Saro Waruwu, Andi Sujana Felix Juan Zebua, dan Weny Seprita Harefa

Bulan Agustus 2006 yang lalu, FK-UGM juga menerima 9 mahasiswa Magister Kesehatan dan 13 mahasiswa Dokter Spesialis asal Nias dan Nisel. Mahasiswa Magister Kesehatan: Ismed Krisman Amazihönö, SKM, Oktavianus Hulu,SKM, Peringatan Harefa, SKM, Everoni Mendröfa, SKM, Oberlin Kurniawan Gea, SKM, dr. Contesa Maruhawa, Rosina Gulö, SP, Jumar Kores Ginting, SKM, dan Kasih Trisnawati Zebua, S.Si, Apt.

Sedang mahasiswa Dokter Spesialis: dr. Hönazaro Marundruri, dr. Fatolosa Panjaitan, dr. Yamoguna Zega, dr. Tatik K. Ziliwu, dr. Fany Grace Hondrö, dr, Albertinus F. Daeli, dr. Vincensius Kurniel Nazara, dr. Desriyata Hia, dr. Sayangi Halawa, dr. James Batalya Gaho, dr. Yuliani Zalukhu, dr. Leo Ganumba, dan dr. Joice.

Selain menerima mahasiswa Program Pendidikan Dokter (S1), Magister (S2), dan Dokter Spesialis, untuk mengisi kekosongan dokter di kepulauan Nias, FK-UGM bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito mengirim bantuan tenaga medis (dokter spesialis dan residen senior) ke Nias dan Nisel.

Usai penyerahan 16 mahasiswa asal Nias dan Nisel ini, dilanjutkan kegiatan Semiloka “Persiapan Penyusunan Sistem Kesehatan Kepulauan Nias dalam Kerangka Memperkuat Kemampuan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias dan Puskesmas” selama 2 hari. Demikian dilaporkan Victor Zebua, wartawan Yaahowu, dari Yogyakarta. (wypj).


Berikut adalah foto-foto penandatanganan memorandum kesefahaman (MoU) penyerahan 16 orang putra-putri dari Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan menjadi mahasiswa FK-UGM yang baru. (Foto: Victor Zebua).

Bupati Nias, Binahati Baeha, SH

Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) dan Wakil Bupati Nisel, Daniel Duha, SH.

61 Responses to “FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel”

Pages: « 1 2 3 4 [5] 6 7 » Show All

  1. 41
    Dr.Ir.Arwin SABAR,MSc Says:

    Buat sdr Ismed Amazihono :

    Kutipan surat anda : “Buat Prof. Dr.Ir. Arwin ,MSc, trimakasih atas perkenalan,semoga kami anak nias dapat mengikuti jejak bapak. sukses buat bapak” > disini bukan kami disarankan kita anak nias…..
    untuk info, teman2 di BRR gst berasal dari ITB tau bahwa anak nias bisa berprestasi

    Buat Saudara Marinus W.

    Kalau ketemu dengan sdr Ir. Armanysah Siregar ,titip salam buat yang bersangkutan dari Prof.Arwin
    untuk info, bahwa teman2 di BRR gst yg berasal dari ITB bahwa tau anak nias bisa berprestasi

    Salam Sejahtera

    Arwin.

  2. 42
    Marinus W. Says:

    Yaahowu!

    Salam kenal, salam kasih Pak Sabar, saya sebagai salah satu dari sekian banyak kaum muda Nias bangga sekali dengan prestasi dan keberhasilan Bapak terutama dalam bidang akademik. Ini adalah contoh, dan teladan yang baik yang harus kami lanjutkan para kaum muda Nias yang sedang berpetualang mencari pengetahuan di Negeri orang.

    Pak Sabar saya dengar Bapak Dosen di ITB YA…suatu saat kita bisa saling ketemu, dan sharing, sebab saya juga sedang studi di Unpar, Bandung

    Untuk Niasitakor, menurut saya tidak usah putus asa-lah. Memang realitas dunia kita jaman ini seperti itu. Lebih baik kita ikuti saja apa kata mereka, dan jangan berhenti berdoa untuk mereka, supaya kesadaran diberikan oleh Sang kuasa kepada saudara-saudara kita ini.
    Marilah kita ikuti apa yang sedang digemakan, dan disuarakan Calon dari Partai Demokrat Amerika Obama tentang “Harapan dan perubahan”. Perubahan itu akan menang, dan harapan akan tiba.

    Karena itu, I HAVE A DREAMS…

    Bandung, Jabar. Alamat:www.niasbaru.wordpress.com dan email:mars_waruwu@yahoo.com

  3. 43
    Hibur Halawa Says:

    Yaahowu fefu ! Slamat buat teman2 yg tlah diterima FK-UGM, jgn sia2kan waktu yg kamu dpt, sebab masa depan p nias ada dipundak adek2 smua. Berjuanglah, jgn pernah menyerah sbelum anda berhasil. Kami masyarakat nias yg ada di surabaya mengucapkan trima kasih kpd para pejabat di nias atas kerja sama yg baiknya, pasti Tuhan akan memperhitungkan. GBU. Dr Hibur Halawa, Surabaya.Thx.

  4. 44
    A.Lia Bate'e Says:

    Ya’ahowu………..!
    Selamat buat adek2 yang telah diterima di FK-UGM, semoga dapat mempertanggungjawabkannya kepada diri sendiri sehingga tidak DO dan kepada banyak masyarakat Nias yang menanti keberhasilan Anda serta terhadap teman2 yang lain kalah berkompetisi dengan anda dengan cara apapun………..!
    Dan kemudian saya sangat prihatin kepada adek yang memberikan komentar terakhir(inisial : decaprio), komentarnya kurang menunjukkan kalau kita masyarakat Nias penuh dengan tata kesopanan dan telah duduk di bangku sekolah /berpendidikan……!
    Cari yang lain, saya percaya sukses menanti anda.
    Anda belum gagal………… hari esok menanti….dan Nias menunnggumu.Thank’s.

  5. 45
    eman waruwu Says:

    yahowu,

    buat teman2 mahasiswa dari nias/nisel yang study di UGM,saya mewakili sebagian teman2 mahasiswa dari UHN medan,m’ucapkan selamat atas keberhasilannya masuk UGM,ya moga2 visi/misi anda sll untuk memajukan pulau nias kt yg trcinta ini.

    Hidup Nias…3x

    selamat berjung.

  6. 46
    termi Says:

    bagus anak nias masuk ke ugm dan lebih bagus lagi kalau orang nias bertobat

  7. 47
    pian waruwu Says:

    Ya’ahowu!!
    Salam Mahasiswa!Bwt tmn2 yg kuliah d UGM:”Selamat y ma kwn2 d UGM.saya mahasisw2a Nommensen jrsn sastra inggris smster 6 medan bangga t’hdp kwn2 yg kuliah d UGM.hrapan saya,semoga kwn2 smua sukses truz n kedepan’a nanti dpt m’bgun nias tercinta n ga luoa ma tnh kelahirannya”.
    Sukses truz!!!!

  8. 48
    Yasi Says:

    Selamat berjuang di kampus UGM. Diterima di UGM, adalah langkah awal yg bagus, tapi keberhasilan adalah suatu perjalanan yang harus dicapai dengan kerja keras. Semoga adik2 dapat kembali membangun Nias untuk memajukan ‘tano niha’ yang sudah tertinggal.

  9. 49
    Astrid Kartika Says:

    Saya mengundang bapak – bapak yang mengatakan bahwa program beasiswa adalah program bagi – bagi asal bisa menyuap saya atau kolega saya di BRR, untuk datang ke kantor saya dan mari saya jelaskan mengenai program beasiswa kesehatan BRR yang dimulai pada tahun anggaran 2006 dan tahun anggaran 2007. Perlu saudara – saudara ketahui bahwa perjuangan kami untuk mendapatkan dana dari Pemerintah Indonesia untuk mengalokasikan dana bagi program beasiswa ini, serta untuk mendapatkan kerjasama dengan UGM, bukanlah usaha yang mudah. Jadi mohon hargai atau at least jangan bicara sembarangan.

  10. 50
    ELSAN NASUTION Says:

    AKU KAN MENJADI MAHASISWA FK KEDOKTERAN UGM YANG OK BANGET. FK KEDOKTERAN UGM SELALU TERDEPAN

Pages: « 1 2 3 4 [5] 6 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita