FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel

Thursday, March 22, 2007
By nias

Yogyakarta (Yaahowu)

Anak-anak lulusan SMU dari Nias yang berprestasi, diterima di FK-UGM (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta dengan sistem penjaringan bibit unggul. Demikian dikatakan Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) ketika menerima 16 orang mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nias Selatan di Ruang Sidang Utama KPTU Lantai III FK-UGM, Rabu 21 Maret 2007.

Mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nisel ini diserahkan Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan Wabup Nias Selatan Daniel Duha, SH. Kegiatan ini merupakan langkah konkret dari program jangka panjang pemenuhan kebutuhan tenaga dokter umum di kawasan kepulauan Nias, dengan dukungan dana beasiswa dari BRR Nias hingga April 2009.

FK-UGM memberi kuota 16 orang bibit unggul asal Nias dan Nisel dari sekitar 150 mahasiswa yang akan diterima FK-UGM pada tahun 2007. Kebijakan ini menurut Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) adalah wujud dari Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengabdian masyarakat, dari pihak UGM untuk masyarakat kepulauan Nias yang mengalami bencana. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari Pusat Manajemen Kesehatan FK-UGM, dipimpin Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa perlu perlakuan khusus pada daerah yang khusus seperti kepulauan Nias. Diperkirakan SDM atau masyarakat kepulauan Nias yang dilanda bencana akan cukup sulit bersaing dengan sekitar 150 orang untuk masuk FK-UGM. Sehingga dalam kebijakan penanganan daerah dicoba rumusan pengembangan SDM dengan membuka slot atau memberi kuota bagi bibit unggul yang ada. Setelah diterima di FK-UGM kepada mereka diberi kuliah matrikulasi, sambil menunggu mahasiswa baru yang melewati jalur umum.

Ke-16 bibit unggul asal Nias dan Nisel itu adalah: Greta Selfani Gulö, Yan Mahmud Fau, Dhyan Herlina Harefa, Septrian Warisman Zega, Yeti Oktaviana Zebua, Yunianti Lafau, Six Mey Karyani Mendröfa, Lely Ester Juniana Harefa, Dewi Marminta Lase, Yeni Lestaria Lase, Pasti Rahmat Daeli, Jumaidi Sihura, Demuli Zebua, Andi Rahmad Saro Waruwu, Andi Sujana Felix Juan Zebua, dan Weny Seprita Harefa

Bulan Agustus 2006 yang lalu, FK-UGM juga menerima 9 mahasiswa Magister Kesehatan dan 13 mahasiswa Dokter Spesialis asal Nias dan Nisel. Mahasiswa Magister Kesehatan: Ismed Krisman Amazihönö, SKM, Oktavianus Hulu,SKM, Peringatan Harefa, SKM, Everoni Mendröfa, SKM, Oberlin Kurniawan Gea, SKM, dr. Contesa Maruhawa, Rosina Gulö, SP, Jumar Kores Ginting, SKM, dan Kasih Trisnawati Zebua, S.Si, Apt.

Sedang mahasiswa Dokter Spesialis: dr. Hönazaro Marundruri, dr. Fatolosa Panjaitan, dr. Yamoguna Zega, dr. Tatik K. Ziliwu, dr. Fany Grace Hondrö, dr, Albertinus F. Daeli, dr. Vincensius Kurniel Nazara, dr. Desriyata Hia, dr. Sayangi Halawa, dr. James Batalya Gaho, dr. Yuliani Zalukhu, dr. Leo Ganumba, dan dr. Joice.

Selain menerima mahasiswa Program Pendidikan Dokter (S1), Magister (S2), dan Dokter Spesialis, untuk mengisi kekosongan dokter di kepulauan Nias, FK-UGM bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito mengirim bantuan tenaga medis (dokter spesialis dan residen senior) ke Nias dan Nisel.

Usai penyerahan 16 mahasiswa asal Nias dan Nisel ini, dilanjutkan kegiatan Semiloka “Persiapan Penyusunan Sistem Kesehatan Kepulauan Nias dalam Kerangka Memperkuat Kemampuan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias dan Puskesmas” selama 2 hari. Demikian dilaporkan Victor Zebua, wartawan Yaahowu, dari Yogyakarta. (wypj).


Berikut adalah foto-foto penandatanganan memorandum kesefahaman (MoU) penyerahan 16 orang putra-putri dari Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan menjadi mahasiswa FK-UGM yang baru. (Foto: Victor Zebua).

Bupati Nias, Binahati Baeha, SH

Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) dan Wakil Bupati Nisel, Daniel Duha, SH.

61 Responses to “FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel”

Pages: « 1 2 [3] 4 5 6 7 » Show All

  1. 21
    adrianus nazara Says:

    selamat ya…buat adek-adek saya yang tercinta dan yang telah berprestasi lulus pada seleksi ketat mengikuti pendidikan FK-UGM yang diadakan oleh lembaga FK-UGM bekerja sama dengan pihak BRR Nias. terus terang setelah saya membuka situs ini saya sangat senang dan bahagia sekali mendengar adek-adek terpanggil untuk mengikuti pendidikan di FK-UGM. satu pesan belajarlah dan pantang menyerah, selesaikan study anda tepat waktu. berterima kasih dan syukur pada tuhan kita yesus kristus, semoga tuhan menyertai dan memberkati adek-adek semua. amin salam dari saya adrianus nazara,AMK

  2. 22
    arif Says:

    selamat ya saya ucapkan kpd kakak dan abang yg lewat FK-UGM.

  3. 23
    Yupiter. Zega Says:

    Selamat buat teman-teman….yang di terima di fakultas kedokteran UGM, saya merasa senang ketika membuka situs ini dan merasa bangga ? harapan saya kalian tetap semangat belajar ..dan pantang menyerah..ayo mari kita bergandengan tangan membangun Nias kembali…?

  4. 24
    ika Says:

    Wah bagus juga ya ada beasiswa. Kalo dari daerah lain ada nggak ya ? (lumayan 800 juta…tapi jangan lupa sekolahnya lumayan buat modal usaha)

  5. 25
    Soni Gulo Says:

    Yaahowu……?
    Selamat ya..buat teman-teman yang di terima di FK- UGM
    supaya kesempatan ini di gunakan dengan baik dan satu lagi jangan lupa mengandalkan Tuhan karena itu salah satu kunci untuk meraih keberhasilan.

    (dari Soni Gulo STT Paulus Medan )

  6. 26
    Sin Liong Says:

    Selamat buat adek-adek, telah diterima di FK-UGM lewat jalur khusus.

    Sekarang masa-masa matrikulasi udah hampir habis. Adek-adek akan segera bergabung dengan mahasiswa baru jalur umum. Maka situasi belajar akan semakin keras lagi.

    Selamat bersaing dan bersanding dengan mahasiswa dari seluruh kawasan Tanah Air. Dan, Tanö Niha pun selalu menunggu adek-adek!

  7. 27
    Six Mey Karyani Mendrofa Says:

    Terima kasih buat semua pihak yang telah memberikan peluang kepada kami untuk melanjutkan studi di Kedokteran UGM. Saya berharap, doa dan dukungan dari sadara2 smua, semoga kami yang 16 orang dapat menyelesaikan studi kami tepat pada waktunya…
    saohagolo…
    Ya’ahowu
    Nias… I mIz U…
    sukses Buat IKN Jogja

  8. 28
    aro nazara Says:

    selamat untuk kalian semua, Tuhan yang telah membuka kesempatan seperti ini. selamat untuk Aci.

  9. 29
    Pater Dr. CP. Manalu, MTh Says:

    Selamat saya ucapkan kepada adek-adek yang diterima di FK UGM. Ini kesempatan luar biasa yang harus dipergunakan sebaik mungkin. Saya orang Batak yang saat ini menjadi Ketua STT Paulus Medan, saya bangga dengan kalian. Maju terus dan ingat membangun Nias.
    Bangkit Nias! Tuhan Yesus memberkati.

  10. 30
    pdt.zega Says:

    Bagus juga itu orang nias masuk UGM, tapi satu hal diingat jangan cuma masuk aja tapi kalau didalam nanti harus jadi berkat karena orang nias sering dicap sebagai orang yang egois jangan seperti yang saya dengar di stt paulus ada banyak orang vias yang bikin ulah, yang pacaranlah dan merokok di asrama dan memakan uang temannya dan dikeluarkan dari sekolah karena mencuri, jangan hanya pintar saja tapi haru punya iman dan kasih, Gbu

Pages: « 1 2 [3] 4 5 6 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita