FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel

Thursday, March 22, 2007
By nias

Yogyakarta (Yaahowu)

Anak-anak lulusan SMU dari Nias yang berprestasi, diterima di FK-UGM (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta dengan sistem penjaringan bibit unggul. Demikian dikatakan Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) ketika menerima 16 orang mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nias Selatan di Ruang Sidang Utama KPTU Lantai III FK-UGM, Rabu 21 Maret 2007.

Mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nisel ini diserahkan Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan Wabup Nias Selatan Daniel Duha, SH. Kegiatan ini merupakan langkah konkret dari program jangka panjang pemenuhan kebutuhan tenaga dokter umum di kawasan kepulauan Nias, dengan dukungan dana beasiswa dari BRR Nias hingga April 2009.

FK-UGM memberi kuota 16 orang bibit unggul asal Nias dan Nisel dari sekitar 150 mahasiswa yang akan diterima FK-UGM pada tahun 2007. Kebijakan ini menurut Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) adalah wujud dari Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengabdian masyarakat, dari pihak UGM untuk masyarakat kepulauan Nias yang mengalami bencana. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari Pusat Manajemen Kesehatan FK-UGM, dipimpin Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa perlu perlakuan khusus pada daerah yang khusus seperti kepulauan Nias. Diperkirakan SDM atau masyarakat kepulauan Nias yang dilanda bencana akan cukup sulit bersaing dengan sekitar 150 orang untuk masuk FK-UGM. Sehingga dalam kebijakan penanganan daerah dicoba rumusan pengembangan SDM dengan membuka slot atau memberi kuota bagi bibit unggul yang ada. Setelah diterima di FK-UGM kepada mereka diberi kuliah matrikulasi, sambil menunggu mahasiswa baru yang melewati jalur umum.

Ke-16 bibit unggul asal Nias dan Nisel itu adalah: Greta Selfani Gulö, Yan Mahmud Fau, Dhyan Herlina Harefa, Septrian Warisman Zega, Yeti Oktaviana Zebua, Yunianti Lafau, Six Mey Karyani Mendröfa, Lely Ester Juniana Harefa, Dewi Marminta Lase, Yeni Lestaria Lase, Pasti Rahmat Daeli, Jumaidi Sihura, Demuli Zebua, Andi Rahmad Saro Waruwu, Andi Sujana Felix Juan Zebua, dan Weny Seprita Harefa

Bulan Agustus 2006 yang lalu, FK-UGM juga menerima 9 mahasiswa Magister Kesehatan dan 13 mahasiswa Dokter Spesialis asal Nias dan Nisel. Mahasiswa Magister Kesehatan: Ismed Krisman Amazihönö, SKM, Oktavianus Hulu,SKM, Peringatan Harefa, SKM, Everoni Mendröfa, SKM, Oberlin Kurniawan Gea, SKM, dr. Contesa Maruhawa, Rosina Gulö, SP, Jumar Kores Ginting, SKM, dan Kasih Trisnawati Zebua, S.Si, Apt.

Sedang mahasiswa Dokter Spesialis: dr. Hönazaro Marundruri, dr. Fatolosa Panjaitan, dr. Yamoguna Zega, dr. Tatik K. Ziliwu, dr. Fany Grace Hondrö, dr, Albertinus F. Daeli, dr. Vincensius Kurniel Nazara, dr. Desriyata Hia, dr. Sayangi Halawa, dr. James Batalya Gaho, dr. Yuliani Zalukhu, dr. Leo Ganumba, dan dr. Joice.

Selain menerima mahasiswa Program Pendidikan Dokter (S1), Magister (S2), dan Dokter Spesialis, untuk mengisi kekosongan dokter di kepulauan Nias, FK-UGM bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito mengirim bantuan tenaga medis (dokter spesialis dan residen senior) ke Nias dan Nisel.

Usai penyerahan 16 mahasiswa asal Nias dan Nisel ini, dilanjutkan kegiatan Semiloka “Persiapan Penyusunan Sistem Kesehatan Kepulauan Nias dalam Kerangka Memperkuat Kemampuan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias dan Puskesmas” selama 2 hari. Demikian dilaporkan Victor Zebua, wartawan Yaahowu, dari Yogyakarta. (wypj).


Berikut adalah foto-foto penandatanganan memorandum kesefahaman (MoU) penyerahan 16 orang putra-putri dari Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan menjadi mahasiswa FK-UGM yang baru. (Foto: Victor Zebua).

Bupati Nias, Binahati Baeha, SH

Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) dan Wakil Bupati Nisel, Daniel Duha, SH.

61 Responses to “FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel”

Pages: « 1 [2] 3 4 5 6 7 » Show All

  1. 11
    Jenk Iskhan Says:

    Profisiat buat adik-adik Nias yang telah mendahului start masuk jadi mahasiswa FK-UGM. Jaga terus api ekspektasi berbagai pihak agar Anda semua menjadi dokter dan mengabdi di tanah leluhur Anda, Tanö Niha!

  2. 12
    dr Astrid Kartika Says:

    Saya bahagia melihat respons yang positif ini, untuk diketahui bahwasanya program ini merupakan kerja sama antara BRR NAD Nias dan FK UGM untuk membantu mengembangkan sektor kesehatan di kepulauan Nias. Kalau boleh jujur, proses yang kami (BRR NAD Nias) lalui cukup panjang dan berliku untuk bisa mengalokasikan dana dan menemukan Universitas yang bisa menampung 9 calon penerima beasiswa master, 13 calon penerima beasiswa dokter spesialis dan 16 calon penerima beasiswa dokter umum.Total dana beasiswa yang BRR NAD Nias alokasikan adalah 10 Milyar untuk semua itu, dan akhirnya Syukurlah UGM yang berada di pulau jawa nan jauh dari Nias, berdedikasi untuk menerima putra putri Nias. Suatu pengorbanan yang luar biasa dari UGM karena program ini benar2 program kemanusiaan dan UGM besedia memberikan porsi yang sangat besar untuk masyarakat Nias, yang belum pernah terjadi dalam sejarah. Mari kita berdoa semoga putra putri Nias berhasil menyelesaikan studynya dan semoga BRR NAD Nias serta UGM diberkati oleh Tuhan YME. Amin. Salam

  3. 13
    ismed Amazihono Says:

    Salam sejahtera bagi kita semua, yaahowu

    Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha kasih atas rahmatnya kepada kami, sehingga diberi kesempatan untuk kuliah di UGM, UGM memiliki standar internasional dalm dunia pendidikan,memang sulit mendapatkan peluang seperti ini tapi karena kegigihan para pemerhati di Kabupaten Nias akibat bencana yang melanda kita, Ibu dr.Astrid Kartika merupakan salah satu penggagas sistem ,beliau yang banyak melakukan kegiatan lobi ke tingkat atas, dengan harapan Nias maju, beliau bersama pak dr.Julianus Dawolo,M.Kes yang tetap menekankan bagaimana agar SDM Nias di tingkatkan (ada fasilitas tapi SDM Kurang), dan pihak lain seperti Pembda Kab Nias,Komite, Kepala Dinkes Kab Nias, Ka.RSU Gunungsitoli,serta pihak lain, kami berusaha memanfaatkan peluang ini ( Jarang lho…), kami harapkan rekan-rekan yang lain, agar kita syukuri apa yang telah diperjuangkan BRR kepada kita, baik segi dana maupun fasilitas lain, mari kita berjuang agar target perkuliahan dapat kita selesaikan tepat waktu (syukur-syukur kalau cepat selesai) kita harus optimis,kami mohon dukugan dari pihak lain agar kami sukses, sekali lagi trimaksih kepada beliau yang memperhatikan Nias,karena Tuhan akan membalasnya bagi beliau nantinya, Amin
    Ya’ahowu

  4. 14
    Victor Zebua Says:

    Ya’ahowu dr. Astrid Kartika,

    Saya tahu, dokter Astrid adalah salah satu tokoh kunci di balik proyek raksasa ini. Anda telah melewati jalan panjang, berliku, dan mendaki, menghantar para saudaraku ke kampus biru. Sampai-sampai mengorbankan kesehatan, dan kini harus istirahat 3 minggu ke depan di Gunungsitoli. Semua orang Nias tentu sangat menghormati Anda. Sejarah tidak akan pernah lalai mencatatnya, Dok!
    Semoga cepat sembuh, serta “bisa ngapa-ngapain dan lari-lari lagi”. GBU.

    Saohagölö Dok, dan Ya’ahowu!

  5. 15
    Oni Harefa Says:

    Kami turut berbahagia dan berbangga atas diterimanya adek-adek anak bangsa dari kepulauan Nias di FK-UGM.
    Salut atas segala perjuangan dan torehan sejarah yang dilakukan Ibu dr. Astrid Kartika dan kawan-kawan BRR NAD-Nias.
    Yaahowu!

  6. 16
    bgulö Says:

    Selamat buat adik-adik yang diterima sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM. Semoga Tuhan menyertai langkah Anda semua. Yaduhu!

    Salam dari Salatiga,
    Yaahowu!
    bgulö

  7. 17
    juang Says:

    Selamat datang dan berjuang di kota pelajar Yogyakarta buat putra-putri harapan Tanö Niha. Di pundak kalian semua terletak masa depan kesehatan masyarakat kepulauan Nias.
    Tuhan memberkati!

  8. 18
    selfisleksiani Zebua Says:

    smangat….smangat….buat kamu-kamu yang punya kesempatan kuliah, manfaatkan kesempatan itu dan selesaikan dengan baik bahkan tepat waktu, pulau nias menunggu kalian….satu lagi tetap berdoa karna kunci keberhasilan adalah mengandalkan Tuhan.Gbu all

  9. 19
    eliman Says:

    selamat untuk teman-teman yang mendapat kesempatan yang begitu berharga untuk bisa belajar di UGM semoga kesempatan ini dipergunakan dengan baik, dan jangan lupa bahwa masa depan pulau Nias ada di pundak kita semua. kalau sudah selesai jangan lupa untuk pulang dan membangun daerah Nias menjadi daerah yang bersih dan sehat. Selamat berjuang Tuhan Yesus memberkati. Yaahowu!!!!

  10. 20
    Postinus Gulo Says:

    Selamat buat teman-teman ONO NIHA yang dikirim secara “khusus” ke UGM. Adalah menaraik komentar-komentar saudara kita, masyarakat Nias yang intinya, ada segumpal harapan dan tentu doa restu dari mereka. Mereka (Niha Khoda) sungguh mendukung Anda. Oleh karenanya, betapa menggembirakan jika kelak Anda berhasil menyelesaikan studi di universitas bergengsi. Dan, saya percaya bahwa jika ada perjuangan (greget, usaha) dari Anda pasti Anda mampu meraih apa yang Anda cita-citakan. God Bless You!

    Dari Postinus Gulo (Bandung)

Pages: « 1 [2] 3 4 5 6 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita