FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel

Thursday, March 22, 2007
By nias

Yogyakarta (Yaahowu)

Anak-anak lulusan SMU dari Nias yang berprestasi, diterima di FK-UGM (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta dengan sistem penjaringan bibit unggul. Demikian dikatakan Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) ketika menerima 16 orang mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nias Selatan di Ruang Sidang Utama KPTU Lantai III FK-UGM, Rabu 21 Maret 2007.

Mahasiswa baru FK-UGM asal Nias dan Nisel ini diserahkan Bupati Nias Binahati Baeha, SH dan Wabup Nias Selatan Daniel Duha, SH. Kegiatan ini merupakan langkah konkret dari program jangka panjang pemenuhan kebutuhan tenaga dokter umum di kawasan kepulauan Nias, dengan dukungan dana beasiswa dari BRR Nias hingga April 2009.

FK-UGM memberi kuota 16 orang bibit unggul asal Nias dan Nisel dari sekitar 150 mahasiswa yang akan diterima FK-UGM pada tahun 2007. Kebijakan ini menurut Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) adalah wujud dari Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengabdian masyarakat, dari pihak UGM untuk masyarakat kepulauan Nias yang mengalami bencana. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari Pusat Manajemen Kesehatan FK-UGM, dipimpin Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa perlu perlakuan khusus pada daerah yang khusus seperti kepulauan Nias. Diperkirakan SDM atau masyarakat kepulauan Nias yang dilanda bencana akan cukup sulit bersaing dengan sekitar 150 orang untuk masuk FK-UGM. Sehingga dalam kebijakan penanganan daerah dicoba rumusan pengembangan SDM dengan membuka slot atau memberi kuota bagi bibit unggul yang ada. Setelah diterima di FK-UGM kepada mereka diberi kuliah matrikulasi, sambil menunggu mahasiswa baru yang melewati jalur umum.

Ke-16 bibit unggul asal Nias dan Nisel itu adalah: Greta Selfani Gulö, Yan Mahmud Fau, Dhyan Herlina Harefa, Septrian Warisman Zega, Yeti Oktaviana Zebua, Yunianti Lafau, Six Mey Karyani Mendröfa, Lely Ester Juniana Harefa, Dewi Marminta Lase, Yeni Lestaria Lase, Pasti Rahmat Daeli, Jumaidi Sihura, Demuli Zebua, Andi Rahmad Saro Waruwu, Andi Sujana Felix Juan Zebua, dan Weny Seprita Harefa

Bulan Agustus 2006 yang lalu, FK-UGM juga menerima 9 mahasiswa Magister Kesehatan dan 13 mahasiswa Dokter Spesialis asal Nias dan Nisel. Mahasiswa Magister Kesehatan: Ismed Krisman Amazihönö, SKM, Oktavianus Hulu,SKM, Peringatan Harefa, SKM, Everoni Mendröfa, SKM, Oberlin Kurniawan Gea, SKM, dr. Contesa Maruhawa, Rosina Gulö, SP, Jumar Kores Ginting, SKM, dan Kasih Trisnawati Zebua, S.Si, Apt.

Sedang mahasiswa Dokter Spesialis: dr. Hönazaro Marundruri, dr. Fatolosa Panjaitan, dr. Yamoguna Zega, dr. Tatik K. Ziliwu, dr. Fany Grace Hondrö, dr, Albertinus F. Daeli, dr. Vincensius Kurniel Nazara, dr. Desriyata Hia, dr. Sayangi Halawa, dr. James Batalya Gaho, dr. Yuliani Zalukhu, dr. Leo Ganumba, dan dr. Joice.

Selain menerima mahasiswa Program Pendidikan Dokter (S1), Magister (S2), dan Dokter Spesialis, untuk mengisi kekosongan dokter di kepulauan Nias, FK-UGM bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito mengirim bantuan tenaga medis (dokter spesialis dan residen senior) ke Nias dan Nisel.

Usai penyerahan 16 mahasiswa asal Nias dan Nisel ini, dilanjutkan kegiatan Semiloka “Persiapan Penyusunan Sistem Kesehatan Kepulauan Nias dalam Kerangka Memperkuat Kemampuan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias dan Puskesmas” selama 2 hari. Demikian dilaporkan Victor Zebua, wartawan Yaahowu, dari Yogyakarta. (wypj).


Berikut adalah foto-foto penandatanganan memorandum kesefahaman (MoU) penyerahan 16 orang putra-putri dari Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan menjadi mahasiswa FK-UGM yang baru. (Foto: Victor Zebua).

Bupati Nias, Binahati Baeha, SH

Dekan FK-UGM Prof. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) dan Wakil Bupati Nisel, Daniel Duha, SH.

61 Responses to “FK-UGM Terima 16 Mahasiswa Asal Nias dan Nisel”

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 » Show All

  1. 1
    Restu Jaya Duha Says:

    Ya’ahowu

    Puji Tuhan, ini sangat luar biasa. Terima kasih dan hormat saya kepada Pimpinan UGM yang telah memberi kesempatan emas kepada Putra-putri terbaik Nias. Harapan saya, semoga kesempatan yang terbaik ini diikuti dengan memberi hal yang terbaik juga, kelak setelah selesai kuliah, juga dapat memberi yang terbaik demi kemajuan Nias.

    Salam hormat dan bangga saya kepada Putra-putri Nias terbaik yang telah diterima di UGM. Tuhan akan memberkati perjuangannya.

    Pendidikan hal yang paling mendasar untuk membangun dan memajukan sebuah Bangsa.

    GBU

    Karlsruhe-Jerman, 22 Maret 2007

    Restu Jaya Duha

  2. 2
    Oberlin Gea Says:

    yaahowu fefu

    Terimakasih kepada pihak BRR, Pemkab Nias dan Nisel, Pihak UGM serta elemen lain yang telah mensukseskan kegiatan ini (IKN JOGJA), kami akan berusaha belajar dan memanfaatkan segala fasilitas yang diberikan selama ikut perkuliahan di UGM, ini beban berat bagi kami, tapi kami berusaha semaksimal mungkin, kami mohon doa dari kita semua, semoga perkuliahan ini selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

    Sukes buat IKN Jogja…. selamat beraktivitas.

    Ya’ahowu

  3. 3
    berkat Says:

    Selamat buat kamu2 semua yang telah di terima di fakultas UGM semoga di manfaatkan sebaik2nya.Harapan kita semua suata saat kelak saudara/i dapat memberikan yang terbaik buat daerah kita nias terlebih2 membantu orang kita nias yang sedang mengalami penderitaan antara lain sakit.Kami dari sini ikut mendukung kalian semoga di bangku perkulihaan dapat di tempu dengan baik dan Belajar lah dengan tekun karena kalian lah harapan kami untuk menciptakan sumber daya manusia yang terampil terdidik dan terlatih,karena saya pribadi udah gak bisa lagi ikut seperti kalian di sebabkan karena byk faktor.di sini sy gak jelaskan faktornya.Setelah selesai kulian jangan lupa berdoa kepada Tuhan dan laksanakan tugas dengan baik dan tolong jangan di salah gunakan ilmu ke hal2 yang kurang baik.terima kasih jg kepada seluruh Pejabat2 nias dan Nisel yang ikut turut mengambil bagian dan mensukseskan kegiatan ini semoga jasa bp dan ibu dapat dikenang semua masyarakan nias.
    terima kasih
    yaahowu

  4. 4
    otomend Says:

    Luar biasa…!

    Selamat berjuang buat putra-putri Nias di kampus perjuangan, kampus kerakyatan, dan kampus biru, Universitas Gadjah Mada. Semoga menjadi dokter, master, dan spesialis yang handal, tahan banting, dan tidak banyak mengeluh dalam romantika kehidupan kemahasiswaan.

    Sekali Layar Terkembang, Pantang Surut Langkahmu…
    Maju Terus, Pantang Mundur !!!

    Tano Niha senantiasa menunggu kabar keberhasilan Anda !!!

    Tuhan Memberkati !
    Ya’ahowu…!

  5. 5
    Dedi E. Piliang Says:

    Huebat…, luar biasa sekali!

    🙂 Kayaknya perlu masuk MURI, bahkan Guinness Book of Record…
    Nias adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang mendapatkan kesempatan emas mengirimkan 16 putra-putrinya untuk meneruskan belajar di salah satu universitas favorit dan jurusan favorit juga (FK-UGM).

    Data tahun 2006, sekitar 150 ribu orang memperebutkan 150-200 kursi di FK-UGM, entah berapa pendaftar untuk tahun ini…? Nias benar-benar mendapatkan perlakuan istimewa.

    Untuk teman-teman Tano Niha jangan pernah sia-siakan kesempatan emas ini. Tidak akan ada kesempatan kedua!

    Saya sebagai orang Minang ingin sekali mendapatkan kesempatan serupa. Suatu ketika mungkin…!

  6. 6
    Niha Khöda Says:

    Selamat buat adik-adik yang mendapat kesempatan terbaik. Belajarlah dengan baik, jaga diri baik-baik; ingat adik-adik, walau Anda jauh dari Tanöiha, Anda semua masih tetap Ono Niha, yang memiliki budaya khas Nias. Jangan lupa itu supaya Anda selamat dalam perjuangan yang tidak gampang, tapi tidak pula mustahil itu.

    Tuhan memberkatimu semua.

    Niha khöda

  7. 7
    Kristian Telaumbanua Says:

    Selamat dong baut dokter2 muda Nias, semoga kesempatan ini dapat diraih dan di manfaatkan

    Tuhan Memberkati

    GBU

    Kristian Telaumbanua

  8. 8
    Toni Hia Says:

    Selamat buat adik-adik calon dokter…
    Berjuang dengan optimal agar menjadi dokter yang berkualitas…
    Setelah jadi dokter, harap segera pulang mengabdi ke Tano Niha… dan kalau perlu masing-masing bawa seorang dokter pasangannya … hehehe.

    Tuhan senantiasa membimbing langkah Anda di FK-UGM.

    Profisiat, Yaahowu…!!!

  9. 9
    Saro Z Says:

    Selamat berjuang adik-adikku!
    Anda semua adalah bagian dari generasi “Nias Bangkit”.
    Yaahowu!

  10. 10
    Everoni Mendrofa Says:

    Ya’ahowu fefu,

    Selamat saya ucapkan kepada adik-adik calon dokter umum yang akan memulai babak baru dalam menuntut ilmu di FK UGM.
    Selamat berjuang, dan jangan menyerah, tunjukkan jati diri bahwa orang-orang nias bisa bersaing dengan orang-orang didaerah lain.

    Sangat luar biasa, apa yang telah didapatkan oleh putra-putri nias yang belum tentu didapatkan oleh putra-putri daerah lain,nah untuk itu perlu adik-adik syukuri apa yang telah diterima selama ini dan jangan mudah mengeluh karena sebelum adik-adik berangkat dari nias sudah mengambil tekad kuliah saya harus sukses dan selesai tepat waktu yang ini selalu ditanamkan didalam diri adik-adik, memang dalam mencapai sesuatu akan dibutuhkan pengorbanan baik bathin, materi dan lain-lain.oke semoga sukses

    Terimakasih, kami ucapkan kepada Pemkab Nias,BRR,FK UGM, yang telah memberikan kesempatan yang sangat berharga ini kepada kami sehingga dapat menimba ilmu di FK UGM yang tercinta ini baik pada Program Dokter Umum, Magister dan Dokter Spesialis, mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Nias agar kami dapat berhasil, sukses dan secepatnya pulang ke Nias dalam memulai pengabdian pelayanan kesehatan di Kabupaten Nias.

    Saohagolo, YA’AHOWU Tano Niha !!!!!

Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita