Pascagempa Bumi: Disiapkan Cetak Biru Rekonstruksi Pulau Nias

Monday, March 12, 2007
By nias

Jakarta, Kompas – Strategi rekonstruksi Kepulauan Nias pascagempa bumi yang selama ini terangkum dalam Peraturan Presiden Nomor 30 tahun 2005 tentang Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias, dinilai belum cukup mengakomodasi kepentingan masyarakat Nias.

Oleh karena itu, pemerintah kini menyiapkan cetak biru khusus untuk pembangunan kembali Kepulauan Nias.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Paskah Suzetta, menyampaikan hal itu dalam sambutannya saat membuka Nias Islands Stakeholders Meeting ke-3 di Jakarta, Kamis (8/3).

Paskah menjelaskan, Bappenas bersama Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, serta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan pemerintah Kepulauan Nias, dengan memformulasikan cetak biru rekonstruksi pasca-bencana tsunami 26 Desember 2004 dan gempa bumi 28 Maret 2005, khusus untuk Nias.

Rekonstruksi Nias berdasarkan cetak biru itu akan didesain sejalan dengan strategi pembangunan pulau-pulau kecil di wilayah perbatasan. Cetak biru ini diharapkan selesai disusun beberapa bulan mendatang.

Kepala BRR Kuntoro Mangkusubroto menyambut baik komitmen pemerintah tersebut. “Cetak biru itu akan memberi arah yang lebih jelas bagi pembangunan kembali Nias,” ujarnya.

Sementara itu, belajar dari pengalaman bencana Aceh dan Nias, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Dorodjatun Kuntjoro-Jakti menyarakan untuk dibentuk badan koordinasi yang mempunyai kekuatan hukum untuk mengerahkan berbagai sumber daya, termasuk polisi dan tentara. (DAY)

Sumbe: Kompas, 8 Maret 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita