Gunungsitoli, (Analisa)
Warga kepulauan Nias sekitar pukul 17.53 WIB kembali dikejutkan dengan guncangan gempa yang cukup kencang berkekuatan 5,7 SR.

Data yang berhasil dihimpun Analisa, Rabu (7/3) di Kantor Stasiun Geofisika Kelas III Gunungsitoli melalui petugas Oda Telaumbanua didampingi Raptama Siburian menyebutkan gempa yang mengguncang Pulau Nias terjadi pukul 17.53 WIB. Posisi gempa terletak 97,79 derajat BT dan 2,04 derajat LU.

Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 0 Km sekitar 25 Km Selatan Singkil Baru NAD. Sementara di Gunungsitoli gempa dapat dirasakan antara II-III MMI.

Pantauan Analisa di Kota Gunungsitoli Kabupaten Nias dan Kota Teluk Dalam Nias Selatan saat terjadi gempa warga Kota Gunungsitoli dan sekitarnya berhamburan keluar rumah karena trauma dengan kejadian gempa yang telah melanda Nias sebelumnya.

Sebagian warga yang rumahnya berada di sekitar pesisir pantai langsung menuju tepi pantai untuk mengamati keadaan laut bila ada gejala gelombang tsunami akibat gempa yang terjadi.

Dari hasil konfirmasi wartawan Analisa Gunungsitoli melalui wartawan Analisa di Teluk Dalam melalui telepon seluler menyebutkan, hal yang sama juga dirasakan di sekitar Kota Teluk Dalam.

Warga terlihat berhamburan keluar rumah mengantisipasi terjadinya guncangan yang lebih kuat lagi yang dapat menimbulkan kerusakan seperti kejadian gempa sebelumnya.

Setelah beberapa lama terjadinya guncangan gempa dan tidak terlihat ada gejala gelombang tsunami, satu persatu warga kembali memasuki rumahnya masing-masing dan melakukan rutinitasnya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada diterima laporan adanya kerusakan bangunan rumah penduduk maupun korban jiwa akibat gempat tersebut. (kap/yh)

Sumber: Analisa Online, 8 Maret 2007

Facebook Comments