Gunungsitoli, (Analisa)

Kecamatan Ulugawo yang diresmikan 7 Februari 2006 lalu merupakan bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah Kabupaten Nias terhadap aspirasi yang ada di tengah-tengah masyarakat untuk membentuk kecamatn yang baru, sekaligus upaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa pada peringatan hari jadi ke-I Kecamatan Ulugawo tahun 2007, baru-baru ini.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Nias mengucapkan Dirgahyu Kecamatan Ulugawo Tahun 2007 semoga semakin maju beriman mandiri dan sejahtera.

Wakil bupati mengatakan, Kecamatan Ulugawo sebagai unit kerja pemerintah Kabupaten Nias yang relatif masih sangat membutuhkan perhatian dan pembenahan yang insentif baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Kecamatan Ulugawo, terutama di bidang infratruktur jalan dan jembatan sarana dan prasarana pendidikan maupun kesehatan masih belum memadai, namun hal itu bukan desain yang disengaja tetapi lebih pada faktor keterbatasan sumber daya yang tersedia.

Kemudian pemerintah Kabupaten Nias dalam menginplementasikan berbagai kebijakannnya sangat mengharapkan dukungan, kebersamaan dan keikutsertaaan dari segenap komponen masyarakat di Kabupaten Nias dan khususnya masyarakat Kecamatan Ulugawo, hingga pemerintah yakin, dengan dukungan dan kebersamaan kita, segala program yang direncanakan sudah pasti berhasil, ucap wakil bupati sambil mengatakan, meskipun di tengah-tengah kondisi keterbatasan Kecamatan Ulugawo menunjukan prestasi sendiri.

PUPUK
Wakil bupati mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kecamatan Ulugawo, pertama, agar tetap memupuk dan memelihara rasa memiliki terhadap kelangsungan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, perbedaan pendapat memang wajar tetapi kepentingan umum lebih diutamakan.

Kedua ciptakan dan pelihara kondisi yang kondusif, hingga berbagai aktifitas masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya dapat berlangsung dengan baik.

Ketiga tingkatkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan, hingga aksi-aksi pembangunan lebih intensif diwujudkan dan keempat kepada segenap aparat pemerintah di Kecamatan Ulugawo di instruksikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat serta hindari praktek-praktek yang bisa melukai hati masyarakat.

Sementara itu, Camat Ulugawo, Talizanolo Zai melaporkan, pasca gempa bumi tahun 2005 lalu hingga saat ini perhatian BRR Perwakilan Nias tidak pernah ada, baik infrastuktur seperti jalan jembatan apalagi pembangunan rumah-rumah penduduk yang hancur akibat gempa belum terealisasi, kecuali Puskesmas Ulugawo.

Camat Ulugawo meminta perhatian pemerintah Kabupaten Nias, agar dibangun jalan menghubungkan Kecamatan Idanogawo dengan Kecamatan Ulugawo dan jalan menghubungkan Kecamatan Lolomatua Kabupaten Nisel .

Menanggapi keluhan masyarakat itu, Kadis pendidikan Martinus Lase SH dan Kadis Kimpraswil Kabupaten Nias, Ir Lakhomizaro Zebua mengatakan, pada tahun 2007 ini gedung SMPN Ulugawo akan ditambah ruang belajar karena selama ini hanya dua lokal termaksud pengadaan sekolah kejuruan di Kecamatan Ulugawo sekaligus mengimbau masyarakat agar dapat menghibahkan tanahnya.

Untuk pembangunan jalan akan diprioritaskan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Idanogawo dengan Kecamatan Ulugowo diharapkan ada pembebasan tanah tanpa ganti rugi, ungkap Zebua.

Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Nias menyerakan seperangkat wireless kepada Camat Ulugawo. (kap/esp)

Sumber dari: www.analisadaily.com
Tanggal: 02 Maret 2007

Facebook Comments