Nias, Nisel Bersama Tokoh Masyarakat di Luar Nias Sepakat: Mendukung Terbentuknya Protap tapi Tidak Bergabung

Monday, February 19, 2007
By nias

Medan, (Analisa)

Pemerintah Kabupaten Nias dan Nias Selatan bersatu dengan para tokoh masyarakat Nias yang ada di Medan secara bersama-sama sepakat mendukung pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap), namun memastikan diri untuk tidak bergabung dengan Protap.

Hal itu langsung diungkapkan Bupati Nias Binahati Baehea didampingi Ketua DPRD Nias serta Wakil Bupati Nias Selatan Daniel Duha dan Ketua Persatuan Masyarakat Nias, San Zebua SH dan Sudira Halawa usai pertemuan silaturahmi dengan tokoh masyarakat Nias di Medan di Hotel Polonia Medan, Sabtu (17/2) malam.

“Sesuai keputusan politik masyarakat Nias, kami mendukung terbentuknya Provinsi Tapanuli dan kami bahkan mendoakan segera terwujud. Tetapi, kami tidak ikut bergabung dalam provinsi itu,” sebut Binahati Baeha.

Alasannya, lanjut Binahati, selain memang letak geografis, masyarakat Nias juga memiliki wacana sendiri untuk pengembangan daerah Nias.

Masyarakat Nias menilai, kalau mereka bergabung dengan Protap maka selain menyulitkan urusan kepemerintahan juga akan berdampak pada sisi perekonomian.

MASIH TERTUMPU
Karena, satu sisi urusan pemerintah harus ke ibukota provinsi baru, sementara di sisi lain segala kebutuhan perekonomian Nias masih tertumpu dan dipasok dari Medan.

“Hal ini akan sangat melelahkan bagi masyarakat Nias,” ungkap Binahati.

Ketegasan tidak inginnya bergabung dalam rencana Protap itu, lanjut Binahati lagi, bukan saja berasal dari 700 ribu lebih masyarakat yang ada di Nias, tapi juga dari para tokoh dan masyarakat Nias yang ada di luar daerah seperti Medan, Padang, Jakarta dan Bandung.

Kalau pun ada satu atau dua orang yang menyatakan ikut bergabung dengan Protap, Binahati menilai, pernyataan itu bukanlah mengatasnamakan masyarakat seutuhnya.

“Sebab, dalam suatu lembaga tidak bisa hanya diputuskan satu atau dua orang saja. Dan orang Nias yang menyatakan ikut bergabung itu sudah dipanggil DPRD,” katanya.

Sebagaimana keputusan bulat masyarakat Nias, kata Wakil Bupati Nisel Daniel Duha, keputusan politik warga Nias Selatan juga menegaskan mendukung terbentuknya Protap, tapi tidak ikut bergabung.

“Kita sudah sampaikan kalau kita mendukung aspirasi pembentukan Protap karena tak ada alasan kita menolaknya. Tapi, kita nyatakan tidak untuk bergabung,” tutur Daniel Duha.

Bahkan, pernyataan tegas dilontarkan Ketua PMN San Zebua melalui Sudira Halawa yang menegaskan, kalau keputusan masyarakat Nias dan Nisel untuk tidak bergabung merupakan harga mati.

“Sampai titik darah penghabisan kami tidak akan bergabung dengan Protap” kata Sudira Halawa.

Dengan begitu, lanjut Sudira Halawa, masyarakat Nias di luar daerah sepakat mendukung Pemkab Nias dan Nisel untuk bersama-sama memokuskan diri membangun daerahnya demi mengangkat derajat masyarakat Nias dan Nisel yang selama ini selalu tertinggal dalam berbagai hal. (nai)

Sumber: Analisa Online, 19 Februari 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728