Aktivitas Manusia Sangat Mungkin Menjadi Penyebab Pemanasan Global

Saturday, February 3, 2007
By nias

Pemanasan global sangat mungkin (very likely) disebabkan oleh aktivitas manusia – ini menjadi kesimpulan final dan definitif dari laporan yang telah lama ditunggu-tunggu tentang perubahan iklim. Pemilihan kata-kata sangat mungkin(“very likely”) berarti pengakuan bahwa ada 90% kans aktivitas manusia mengakibatkan perubahan iklim.

Sebanyak 113 negara telah mendiskusikan pemanasan global di suatu panel antarnegara tentang perubahan iklim (Intergovernmental Panel on Climate Change) di Paris.

Kesimpulan panel ini bisa menjadi dokumen yang meyakinkan yang bisa mempengaruhi kebijakan pemerintah dan industri di seluruh dunia.

Pemilihan kata-kata yang spesifik yang banyak mengundang spekulasi harus disepakat secara aklamasi dan akan dikeluarkan secara resmi pada hari ini (Jumat, 2 Februari 2007).
Namun sumber-sumber dari dalam pertemuan mengatakan bahwa pemilihan kata “sangat mungkin” (very likely) telah disetujui.

“Ini merupakan suatu langkah besar. Ini pernyataan yang berpengaruh besar,” kata Jan Pretel, kepala departemen perubahan iklim pada Hydrometeorological Institute, Ceko.

Pemilihan kata-kata dalam kesimpulan sangat krusial karena ia mempengaruhi persepsi publik dan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah dari semua negara.

Laporan terakhir yang dikeluarkan pada tahun 2001 manyebutkan pemanasan global hanya “boleh jadi” (“likely”) disebabkan oleh aktivitas manusia.

Terdapat banyak spekulasi bahwa para delegasi mungkin berusaha mengubah istilah kali ini dengan “hampir pasti” (virtually certain), yang berarti 99% kans.

Akan tetapi delegasi Cina dilaporkan menolak pemilihan kata ini. Sebagai negara dengan laju pertumbuhan tertinggi, langkah-langkah intensif Cina untuk menghadapi pemanasan global bisa mempengaruhi laju pertumbuhannya. (Sumber: Yahoo news, Humans ‘Very Likely’ Behind Warming, Jumat 2 Februari 2007).

2 Responses to “Aktivitas Manusia Sangat Mungkin Menjadi Penyebab Pemanasan Global”

  1. 1
    lalu teddi azmy Says:

    RUMAH SAKIT KENDARAAN BERMOTOR
    (WAJIB UJI BAGI KENDARAAN BERMOTOR PRIBADI BAIK MOBIL PRIBADI DAN SEPEDA MOTOR) Tujuan MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL

    PENDAHULUAN

    LATAR BELAKANG

    Transportasi darat merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam mempelancar roda perekonomian. Pentingnya transportasi darat tercermin pada semakin meningkatnya jasa angkutan bagi mobilitas orang serta barang oleh karena itu diperlukan sistem transportasi yang handal berkemampuan tinggi dan diselenggarakan secara tertib, lancar, aman dan nyaman dalam menunjang dan menggerakkan dinamika Pembangunan serta mendukung mobilitas manusia, barang dan jasa.
    Salah satu sarana Transportasi Darat adalah Kendaraan Bermotor, dimana pada saat ini kemajuan teknologi kendaraan bermotor telah mendorong pengguanaan sarana transportasi darat yang semakin canggih dan dapat memenuhi kebutuhan tersebut diatas. Keberadaan kendaraan bermotor khususnya di Indonesia dari tahun ketahun semakin meningkat dimana keberadaan kendaraan bermotor selalu menimbulkan permasalahan-permasalahan oleh karena itu perlu diadakan usaha – usaha untuk mengurangi permasalahan – permasalahan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan kendaraan bermotor secara periodik (teratur) sehingga kendaraan bermotor dapat diusahakan selalu dalam keadaan baik guna memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.
    Sistem pengujian kendaraan bermotor adalah salah satu sub system dari system transportasi jalan yang berperan sangat menentukan dalam mewujudkan suatu system transportasi jalan yang efisien. Tolak ukur efisiensi dimaksud antara lain mencakup pencapaian beberapa kriteria diantaranya sebagai berikut :
    1. Biaya ( financial ).
    2. Waktu.
    3. Penghematan energy.
    4. Jaminan penyediaan kendaraan bermotor yang memenuhi standar yang disepakati baik dalam cakupan nasional, regional maupun internasional.
    5. Jaminan keselamatan penggunaan fasilitas kendaraan bermotor baik untuk manusia maupun barang.
    6. Proteksi dampak penggunaan kendaraan bermotor terhadap pencemaran lingkungan.

    Peran system pengujian dalam pencapaian criteria tersebut adalah sangat menentukan, walaupun dalam implementasinya akan menghadapai berbagai masalah yang sangat kompleks, karena memerlukan suatu penanganan yang terpadu dalam memastikan kelaikan jalan seluruh kendaraan bermotor secara berkesinambungan, sejak berada pada tahapan prototype desain, selanjutnya pada tahapan produksi dan kemudian pada tahapan operasional kendaraan bermotor.

    Untuk menjamin terpenuhinya persyaratan teknis dan laik jalan terhadap kendaraan bermotor yang beroperasi dijalan maka dilaksanakan Pengujian Kendaraan Bermotor yang berpedoman kepada ketentuan-ketentuan yang berlaku tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Salah satu ketentuan tersebut adalah PP 44 tahun 1993 Pasal 136 ayat . pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor dapat dilakukan oleh :
    Pelaksanaan pengujian yang dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas pengujian.
    Tenaga penguji yang memiliki kualitas teknis sebagaimana dimaksud pasal 135.
    Keputusan Menteri Perhubungan Darat no 71 tahun 1993 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor adalah:
    – Memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor di jalan
    – Melestarikan lingkungan dari kemungkinan pencemaran yang diakibatkan oleh penggunaan kendaraan bermotor di jalan .

    MAKSUD PROPOSAL

    RUMAH SAKIT KENDARAAN BERMOTOR (WAJIB UJI BAGI KENDARAAN BERMOTOR PRIBADI BAIK MOBIL PRIBADI MAUPUN SEPEDA MOTOR) UNTUK MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL YANG DIAKIBATKAN OLEH KENDARAAN BERMOTOR.

    MENGAPA HARUS DEMIKIAN

    Permasalahan-permasahan yang diakibatkan kendaraan bermotor antara lain:
    1. Kecelakaan lalu lintas tiap tahunnya bertambah.
    2. Pencemaran udara dari emisi gas buang kendaraan bermotor.
    3. Pemanasan global tiap tahunnya meningkat karena panas dari mesin kendaraan bermotor dan gas metan yang dihasilkan BBM.
    4. Kemacetan lalu lintas.

    Di Indonesia jumlah kepemilikan kendaraan bermotor tiap tahunnya semakin bertambah maka timbullah permasalahan-permasalahan diatas. Selama ini Pemerintah dan Ahli atau pakar transportasi masih fokus kepada sarana dan prasarana jalan dimana kebijakan yang diambil antara lain :
    1. 3 in 1
    2. Bus way
    Kedua poin ini belum bisa mengurangi/pemilik kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan umum/mengurangi pemakain kendaran bermotor dijalan, maka ada sebuah solusi yang perlu dikaji oleh pemerintah Indonesia dan Pemerintah Dunia yaitu Wajib Uji Kendaraan bermotor Pribadi baik mobil pribadi maupun sepeda motor diamana Pengujian Kendaraan Bermotor Pribadi kita fungsikan seperti layaknya rumah sakit kendaraan bermotor yang bisa mengatasi permasalahan-permasalahan diatas.

    CARA PELAKSANAAN

    Rumah sakit kendaraan bermotor.

    Tidak lulus
    Tidak Lulus

    LULUS

    LULUS

    LULUS

    Tidak Lulus

    KETERANGAN

    1. Pemilik kendaraan bermotor datang ke rumah sakit kendaraan bermotor.
    2. Pemeriksaan administrasi (STNK) apabila permeriksaan administrasi tidak lulus maka kendaraan bermotor dilarang beroperasi dijalan.
    3. Pra Uji antara lain :
    • Pemeriksaan kebersihan kendaraan bermotor
    • Penyocokan plat nomor kendaraan, nomor rangka, nomor mesin dengan STNK
    • Pemeriksaan lampu – lampu
    • Pemeriksaan rangka dan body
    • Pemeriksaan wiper
    • Pemeriksaan kaca
    • Pemeriksaan dasbord
    Apabila kendaraan bermotor tidak lulus langsung dilakukan perbaikan untuk terus dilakukan pemeriksaan dengan alat uji

    4. Pemeriksaan dengan alat uji
    • Pemeriksaan emisi gas buang
    • Pemeriksaan intensitas cahaya lampu
    • Pemeriksaan rem utama
    • Pemeriksaan ambang batas spedometer
    • Side slip
    • Play detector
    • Lorong uji
    • Ambang batas kebisingan

    Apabila kendaraan bermotor tidak lulus uji maka langusung dilakukan perbaikan dan kendaraan bermotor yang sudah melakukan perbaikan di uji kembali dengan alat uji untuk memastikan kendaraan bermotor tersebut laik jalan.

    SANGSI

    1. Kendaraan bermotor yang di uji dan yang dinyatakan lulus uji kendaraan bermotor tersebut boleh beroperasi dijalan
    2. Kendaraan bermotor yang dinyatakan tidak lulus uji kendaraan bermotor tersebut tidak diperbolehkan beroperasi dijalan dengan ketentuan sebagai berikut :
    – Rusak berat peratawatan selama 2-3 hari.
    – Rusak sedang perawatan selama 1-2 hari.
    – Rusak ringan bisa langsung beroperasi dijalan apabila sudah dilakukan perbaikan.

    TUJUAN

    Secara teknis, keberhasilan peran sub system rumah sakit kendaraan bermotor (wajib uji bagi kendaraan pribadi baik mobil pribadi dan sepeda motor) dalam system transportasi jalan dapat dicerminkan melalui jaminan tersedianya kendaraan bermotor yang memenuhi standar-standar tertentu secara konsisten sepanjang masa operasional. Standar tersebut diantaranya meliputi standar keselamatan, standar proteksi terhadap pencemaran lingkungan dan standar kinerja efisiensi penggunaan energy. Sistem pengujian yang ideal pada akhirnya akan mewujudkan suatu kondisi system transportasi jalan sebagai berikut :
    1. Mengurangi Pemanasan Global yang diakibatkan dari gas metan yang dihasilkan dari BBM (mengurangi pemakaian BBM).
    2. Meningkatnya efisiensi biaya transportasi yang berhubungan dengan mobilitas manusia dan barang.
    3. Minimalnya distorsi kelancaran lalu lintas jalan yang dikarenakan jaminan terhadap kelaikan jalan dari seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan.
    4. Mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh factor teknis kendaraan bermotor.
    5. Terkendalinya pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor.
    6. Merangsang penggunaan bahan bakar yang aman bagi kesehatan dan lingkungan.
    7. Tersosialisasinya criteria laik jalan pada penggunaan kendaraan bermotor di jalan.
    Dunia sekarang dilanda Global Warning dengan Program Rumah Sakit Kendaran Bermotor (wajib uji bagi kendaraan pribadi baik mobil pribadi dan sepeda motor) ini bisa mengurangi tingkat pemakaian kendaraan bermotor dijalan (bisa mengurangi pemanasan Global selain pengaruh dari efek rumah kaca).

    PENUTUP

    Demikian proposal jangka panjang ini penulis buat agar bisa membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor apabila pemerintah tidak mengambil tindakan maka 5 (lima) tahun kedepan permasalahan kelestarian lingkungan dan Pemanasan Global yang semakin meresahkan,
    Demikian atas perhatiannya penulis ucapkan banyak terimakasih.

    NAMA : LALU TEDDI AZMY, Ama PKB
    TTL : MATARAM, 24 -08- 1987
    ALAMAT/TLP : JL. SWASEMBADA NO 11 KEKALIK MATARM (NUSA TENGGARA BARAT), (0370) 6840538, 081915990577
    INSTANSI : DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROV. NTB

    NAMA : AGUS FATURRAHMAN. SE
    TTL : MATARAM, 5 -08- 1980
    ALAMAT/TLP : JL. Kesejahteraan VIII No. 30 Perumnas Mataram (NUSA TENGGARA BARAT), 081805233325.

  2. 2
    Rheztan Says:

    kalo pemanasan global gk segera diatasi…maka percaya deh, bumi kita sebentar lagi bakal rusak..jd q sbgai anak sekolah berseragam biru putih,,mengajak semua remaja2 di dunia ikut peduli terhadap lingkungan…jangan buang sampah sembarangan….dan jangan sering2 pke hydryer..mennding rmbut kita yg rusak daripada bumi kita,tmpat kita hidup…

    RIGHT?????

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728