Pemanasan global sangat mungkin (very likely) disebabkan oleh aktivitas manusia – ini menjadi kesimpulan final dan definitif dari laporan yang telah lama ditunggu-tunggu tentang perubahan iklim. Pemilihan kata-kata sangat mungkin(“very likely”) berarti pengakuan bahwa ada 90% kans aktivitas manusia mengakibatkan perubahan iklim.

Sebanyak 113 negara telah mendiskusikan pemanasan global di suatu panel antarnegara tentang perubahan iklim (Intergovernmental Panel on Climate Change) di Paris.

Kesimpulan panel ini bisa menjadi dokumen yang meyakinkan yang bisa mempengaruhi kebijakan pemerintah dan industri di seluruh dunia.

Pemilihan kata-kata yang spesifik yang banyak mengundang spekulasi harus disepakat secara aklamasi dan akan dikeluarkan secara resmi pada hari ini (Jumat, 2 Februari 2007).
Namun sumber-sumber dari dalam pertemuan mengatakan bahwa pemilihan kata “sangat mungkin” (very likely) telah disetujui.

“Ini merupakan suatu langkah besar. Ini pernyataan yang berpengaruh besar,” kata Jan Pretel, kepala departemen perubahan iklim pada Hydrometeorological Institute, Ceko.

Pemilihan kata-kata dalam kesimpulan sangat krusial karena ia mempengaruhi persepsi publik dan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah dari semua negara.

Laporan terakhir yang dikeluarkan pada tahun 2001 manyebutkan pemanasan global hanya “boleh jadi” (“likely”) disebabkan oleh aktivitas manusia.

Terdapat banyak spekulasi bahwa para delegasi mungkin berusaha mengubah istilah kali ini dengan “hampir pasti” (virtually certain), yang berarti 99% kans.

Akan tetapi delegasi Cina dilaporkan menolak pemilihan kata ini. Sebagai negara dengan laju pertumbuhan tertinggi, langkah-langkah intensif Cina untuk menghadapi pemanasan global bisa mempengaruhi laju pertumbuhannya. (Sumber: Yahoo news, Humans ‘Very Likely’ Behind Warming, Jumat 2 Februari 2007).

Facebook Comments