Gunungsitoli, WASPADA Online
Rombongan jamaah haji asal Nias yang telah menunaikan rukun Islam ke lima yang tiba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Minggu (21/1) disambut ratusan warga muslim dan bersamasama menuju Masjid Al-Furqan Kel. Pasar Gunungsitoli, selanjutnya ke pendopo Bupati Nias.

Di pendopo Bupati Nias, jamaah haji berjumlah 11 orang disambut Wakil Bupati Nias, Temazaro Harefa didampingi Wakapolres Nias, Kompol Justin Sinaga, Kasdim 0213 Nias, Mayor J. Lumbaturuan, Asisten I Sekda Nias, Drs. Kemurnian Zebua, Ketua Pengadilan Agama Nias, Drs. Nazamudin, SH, Kakandepag Nias, Mukhtar Telaumbanua, Pmpinan Muhammadiyah Nias, H. Datuk Sati dan sejumlah tokoh agama.

Bupati melalui wakilnya mengatakan, walupun banyak cobaan dan tantangan yang ditempuh jamaah haji, namun dengan dasar iman dan taqwa semua tantangan dan ujian dapat dijalani “Atas nama Pemkab Nias, mengucapkan selamat datang dan selamat kepada jamaah haji yang telah berhasil menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur.”

Bupati juga menyampaikan ucapan turut berduka cita atas meninggal dunia saudara-saudara para jamaah haji lainnya asal Indonesia di tanah suci Mekkah, dan semoga saudara-saudara kita yang telah meninggal tersebut dapat diterima Tuhan Yang Maha Kuasa, dan diberikan tempat yang sebaik-baiknya disisiNya.

Pemkab Nias mengharapkan semua pihak bergandengan tangan membangun masa depan yang lebih baik, seterusnya sebagai koordinator jamaah haji mengucapkan terima kasih banyak kepada Kepala Departemen Agama Nias sebagai kepala staf haji Nias, serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pelaksanaan haji tahun ini.

Mewakili jamaah haji, Drs. H. Jafar Muis Harefa mengungkapkan, mereka tidak pernah mengeluh dengan berbagai kendala yang dihadapi selama melaksanakan ibadah haji, karena hal itu merupakan ujian dari Allah Swt.. Dia jauh mengungkapkan, isu yang berkembang selama ini, baik melalui media cetak maupuan media eletronik tentang masalah terkendalanya catering di tanah suci tidak berpengaruh besar bagi jamaah haji asal Nias, karena sebelumnya mereka telah mempersiapkan stok makanan seperti mi, roti dan lain-lain. Peristiwa itu bagi mereka sebagai cobaan dan ujian yang harus dihadapi dan dilewati.

Kepala Staf Urusan Haji Nias, Mukhtar Telaumbanua menyampaikan, pelaksanaan keberangkatan dan pemulangan jamaah haji asal Nias melalui embarkasi Polonia Medan pada Kloter 13 Sumut telah berjalan baik

Membantu terlaksananya pelaksanaan tersebut, dibantu dengan pendanaan oleh Pemkab Nias dan Depag Nias. Departemen Agama sebagai pelaksana telah melakukan beberapa kegiatan yakni, pelaksanaan manasik haji, tepung tawar, pemberangkatan calon jamaah, serta pemulangan jamaah itu Mukhtar Telaumbanua melaporkan, untuk 2007 mendatang, jumlah calon jamaah haji yang telah mendaftar dan akan di berangkatkan ke tanah suci Mekkah asal Nias sebanyak 41 orang, dan kemungkinan akan bertambah, bekerja sama dengan BNI dan BRI Nias.

Sumber: Waspada Online, 22 Januari 2007