Air Sungai Meluap, Belasan Rumah Penduduk di Nias Terendam Banjir

Wednesday, January 3, 2007
By nias

Gunungsitoli, (Analisa)

Akibat meluapnya salah satu sungai di Desa Akibat Hiliweto Kecamatan Gido setinggi dua meter, Minggu (31/12) malam merendam belasan rumah penduduk. Namun 77 orang yang menghuni 18 rumah di kawasan meluapnya air sungai itu berhasil dievakuasi petugas Polres Nias dipimpin Kapolres Nias AKBP Yusuf Suprapto.

Selain itu, banjir juga memutuskan jalan penghubung antar Kabupaten Nias dan Nias Selatan sepanjang 200 meter. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sementara kerugian material masih dalam pendataan.

Namun tercatat sedikitnya 50 ekor ternak ayam, 2 ekor babi dan 50 karung padi hanyut terbawa arus sungai.

Kapolres Nias, AKBP Yusuf Suprapto saat memimpin evakuasi bersama dua kompi anggota Polri menjelaskan, setelah menerima informasi meluapnya sungai dan merendam rumah penduduk, pihaknya langsung menurunkan 126 personil untuk mengevakuasi warga yang terjabak banjir.

Sebelumnya 15 kepala keluarga (KK) dari 77 warga di salah satu tempat daerah persawahan sekira 2 kilometer dari jalan utama sempat terperangkap banjir hingga pukul 20.00 WIB.

Sedangkan dua KK dengan jumlah 9 orang yang berada di bibir sungai sekira pukul 23.00 WIB baru dapat dievakuasi oleh petugas Polres Nias karena arus sungai sangat deras.

Sementara, menurut penuturan warga, sungai mulai meluap pukul 14.30 WIB saat hujan deras mengguyur daerah itu. Sekira pukul 16 WIB air sungai secara tiba-tiba meluap hingga 2 meter. Bahkan air banjir juga menggenangi Mapolsek Gido. (kap)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita