Pada bulan October tahun 2005 telah terbentuk satu wadah perkumpulan masyarakat Nias yang berdomisili di kawasan industri Lobam, daerah Tanjung Uban serta Lagoi dan sekitarnya. Wadah ini terbentuk atas keinginan orang-orang Nias yang ada di daerah ini untuk saling mengenal dan rasa kekerabatan yang tinggi.

Pembentukan wadah ini diprakarsai oleh beberapa orang Nias yang relatif cukup lama berada di daerah Lobam, Tanjung Uban dan Lagoi. Dan alhasil pada bulan Oktober 2005 terbentuklah satu wadah yang diberi Nama Ikatan Keluarga Besar Nias (IKBN – OWULOGA) dengan Ketua Suarman Jaya Zebua, Wakil Ketua Fanolo Gea serta Sekretaris Hidayat Mendrofa.

Ikatan ini sangat memberikan arti bagi orang Nias yang merantau di daerah ini untuk saling dapat bertemu dan melepas kerinduan untuk berkomunikasi satu sama lain. Ikatan ini juga sebagai wadah dalam melakukan kegiatan – kegiatan sosial dan religius. Pada tahun 2005 yang lalu Ikatan yang berumur 2 bulan melaksanakan perayaan Natal sederhana yang dihadiri seluruh masyrakat Nias di Lobam, Tanjung Uban dan Lagoi serta juga dihadiri orang-orang Nias yang ada di Tanjung Pinang.

Meskipun jumlah anggota ikatan ini sangat sedikit namun tidak membuat ikatan ini kendor melainkan dengan aktif mencari dan mengajak orang-orang Nias yang didaerah ini yang mungkin baru berada didaerah ini untuk bergabung dalam ikatan ini.

Untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dan sumbang saran dari rekan-rekan semua dalam membantu pengembangan dan eksistensi Ikatan ini.

Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan ucapan Selamat Menyambut Hari Natal 25 Desember 2006 dan Tahun Baru 1 Januari 2007 bagi semua orang Nias yang bergabung dalam web site ini.

Ya’ahowu.

Facebook Comments