“Maka datanglah Yohanes dan menyerukan: Bertobatlah, dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu” (Lk. 3, 3).

Yohanes pembaptis diutus sebagai nabi.Tugasnya mempersiapkan umat atau orang lain melibatkan diri untuk mempersiapkan kedatangan Yesus Al Masih. Dalam melaksanakan tugas itu ia mengajak untuk bertobat, untuk dibaptis dan bersiap menerima anugerah penghapusan dosa-dosa.

Tuhan Yesus, Engkau sudah tahu, bahwa aku sudah lama menerima pembaptisan itu. Seruan untuk bertobat itu pun sudah lama kami dengar, bahkan pernah menjadi bahan renungan kami di masa lalu. Sebenarnya kami punya kewajiban seperti dahulu Yohanes Pembaptis yaitu mempersiapkan kedatangan Tuhan di dunia ini. Akan tetapi ternyata kami masih belum juga sadar bahwa itu adalah tugas dan kewajiban kami sebagai orang yang sudah dibaptis. Kami masih sangat terikat pada rencana dan minat pribadi.

Yesus Tuhanku, berilah aku iman seperti Yohanes, teguh percaya bahkan dalam kekeringan sekalipun tetap yakin akan Dikau yang memanggil dan mengutus aku. Buatlah hatiku terbuka pada rencana-Mu, dan tak tergoyahkan oleh pencobaan-pencobaan atau pun terjerat oleh kesenangan-kesenangan palsu. Berilah aku keberanian untuk tetap setia sampai akhir memberi kesaksian akan Dikau ,Tuhan dan Penyelamat kami.

Tuhan, ampunilah kami dari segala dosa dan kelalaian kami. Datanglah Tuhan dan selamatkanlah umat-Mu.

P. Metodius Sarumaha OFM Cap.
Frankfurt – Jerman

Facebook Comments