H Syukran J Tandjung SE: Rencana Pembentukan Provinsi Tapanuli Diharapkan Akomodir Semua Golongan

Tuesday, October 17, 2006
By nias

Medan, (Analisa)

Rencana pembentukan Provinsi Tapanuli jangan sampai terkesan ada unsur SARA. Untuk itu, di dalam unsur kepanitiaan harus terakomodir dan melibatkan semua lintas agama dan etnis.

Sebab di daerah Tapanuli itu banyak agama dan suku. Alangkah baiknya kalau mereka juga diikutsertakan dalam rencana pembentukan Tapanuli itu. Itu sangat penting agar jangan sampai menimbulkan SARA di dalam panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli tersebut,” kata H Syukran J Tandjung SE, Anggota DPRD Sumut kepada wartawan di Medan, Minggu (8/10).

Sebagai putra daerah, lanjutnya, dia tahu persis kalau daerah Tapanuli itu banyak suku dan etnis, baik ulama atau pendeta.

“Dan saya melihat kalau Kota Sibolga menjadi Ibukota Provinsi Tapanuli, semua agama dan etnis ada di daerah itu. Dan dari dulu tingkat keharmonisan antar umat beragama sangat tinggi dan tak bisa dipecah belah,” kata Syukran.

PERTIMBANGAN
Dia menambahkan, kalau hal tersebut di atas yang menjadi salah satu pertimbangan Sibolga menjadi Ibukota Provinsi Tapanuli.

“Kalau di Siborongborong jadi Provinsi Tapanuli bagaimana pula umat muslim mendirikan masjid di sana. Sedangkan di daerah itu hampir seratus persen satu golongan. Jadi idealnya, Ibukota Provinsi Tapanuli itu ya, Sibolga,” tegas Syukran.

Untuk pertimbangan lain kenapa Sibolga dijadikan Provinsi Tapanuli kata Syukran, Anggota DPRD Sumut dari Dapem VIII meliputi Tapteng, Sibolga, Taput, Tobasa, Humbang Hasundutan dan Samosir itu menyebutkan, Tapanuli sudah dibagi empat kabupaten dan sudah mendapat fasilitas dari pemerintah pusat.

Sementara Sibolga belum pernah sama sekali mendapat fasilitas lebih baik dari Pemprovsu maupun Pusat. “Jadi, dengan adanya rencana Ibukota Sibolga dari Provinsi Tapanuli itu tentu sudah saatnya ibukota itu diperluas,” sebut Syukran. (nai)

Sumber: Harian Analisa Online, Jumat 13 Oktober 2006

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

October 2006
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

User Login