Untuk mempersipkan Diskusi Online II, Redaksi menyiapakn Tatacara dan Aturan sebagai berikut:

  1. Setiap peserta diskusi diminta membaca Materi Diskusi (Topik kali ini: Rekonstuksi dan Rehabilitasi Nias: Membayangkan Wajah Nias Pasca Program BRR)
  2. Setelah membaca materi diskusi, setiap peserta diminta menyiapkan tulisan dalam menyangkut topik diskusi, yang merupakan respons terhadap materi diskusi. Judul tulisan bebas, tetapi harus terkait dengan topik diskusi.
  3. Panjang tulisan minimal 1 (satu) halaman kertas A4 spasi rapat (spasi satu) sementara panjang maksimal tidak dibatasi. Tulisan panjang (lebih dari 3 halaman), sebaiknya dibagi dalam beberapa bagian: pendahuluan, paparan, simpulan, rujukan dst. Ini hanyalah sekedar contoh. Setiap tulisan harus disertai dengan nama penulis dan sedapat mungkin: pekerjaan atau status saat ini.
  4. Tulisan dikirim ke alamat redaksi: nias.online@gmail.com.Redaksi-lah yang akan menayangkan tulisan tersebut dalam halaman Situs Yaahowu. Redaksi bisa saja mengedit tulisan yang masuk, tetapi dengan membatasi editing pada layout dan tatabahasa; isi tidak akan diedit (sejauh itu terkait dengan topik).
  5. Berkaitan dengan butir (4), setiap peserta diharapkan berusaha menggindari tulisan yang melenceng dari topik (OOT: Out of Topic). Redaksi akan menolak memuat tulisan yang tergolong dalam kategori OOT.
  6. Forum ini bermaksud menggali pendapat dan gagasan-gasasan yang berkaitan dengan suatu topik. Pendapat atau gagasan-gagasan itu haruslah disampaikan dalam bentuk tulisan yang menceriminkan kedewasaan, kematangan dan jauh dari kesan emosional. Hal ini ditandai dengan pemilihan kata, kalimat dan pernyataan yang jernih, jelas, sopan, kritis dan rasional. Redaksi mengusahakan penyuntingan untuk memenuhi persyaratan ini. Akan tetapi tulisan yang jelas-jelas keluar dari persyaratn ini tidak akan ditayangkan dalam forum ini.
  7. Setiap tulisan yang diterima redaksi akan diproses dan – bila memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dalam butir (5) dan (6) akan ditayangkan secepat mungkin dalam Ruang Diskusi.
  8. Setiap peserta boleh mengirim tulisan sebanyak mungkin (dan kapan saja) selama periode diskusi (baik berupa gagasan baru maupun respons terhadap tulisan peserta lain).
  9. Selama periode diskusi, Redaksi akan membuat rangkuman (sementara) pendapat dari peserta. Pada akhir periode diskusi, Redaksi kembali membuat rangkuman akhir.
  10. Seluruh tulisan dari para peserta akan disusun dalam bentuk sebuah prosiding. Untuk saat ini, Redaksi Yaahowu berencana mengarsipkan prosiding itu dalam bentuk berkas elektronik yang kelak dapat diakses oleh pengunjung Situs Yaahowu.
  11. Karena alasan teknis dan praktis, Redaksi Yaahowu tidak melayani diskusi mengenai topik pilihan. Dengan kata lain, topik yang disiapkan Redaksi Yaahowu tidak bisa diubah. Namun demikian, saran tentang topik-topik yang kiranya perlu dipertimbangkan untuk bahan diskusi ke depan akan disambut baik.
  12. Diskusi Online II berlangsung dari tanggal 13 November – 22 Desember 2006.

Catatan: Tulisan sudah dapat dikirim kepada Redaksi mulai 6 November 2006 tetapi penayangan tulisan yang masuk dimulai tanggal 13 November 2006.

Redaksi

Facebook Comments