Medan (SIB)

Pulau Nias akan masuk menjadi salah satu daftar warisan budaya dunia. Menuju arah tersebut tim ahli dari Unesco melakukan berbagai persiapan salah satunya mencari data untuk meneliti keadaan Nias.
Richard A Engelhardt dan Graham Brooks tim dari Unesco tersebut melakukan konsultasi dengan Balai Arkeologi Medan, Kamis (7/9) guna merumuskan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dengan badan ini dalam jangka pendek dan jangka panjang mewujudkan Nias menjadi salah satu daftar warisan dunia.Richard Engelhardt mengungkapkan, pada dasarnya kegiatan ini adalah untuk pengembangan pariwisata budaya yang secara spesifiknya pada Kecamatan Teluk Dalam, Nisel. Hal ini akan menciptakan lapangan kerja baru maupun mengembalikan lapangan kerja yang sudah dimiliki masyarakat itu sebelum terjadinya bencana alam.

Guna mewujudkan hal di atas, ada tiga langkah awal yang harus dilakukan yakni, memperbaiki kondisi Nias termasuk melakukan konservasi warisan-warisan budaya pasca bencana alam, mendirikan suatu museum kecil yang tempatnya menarik perhatian wisatawan, dan membangun suatu pusat informasi pariwisata di kabupaten Nisel.

Sementara itu Ketut Wiradnyana peneliti muda dari Balai Arkeologi Medan dalam kesempatan itu mengungkapkan, kegiatan awal dapat dilakukan dengan menyelenggarakan workshop dilanjutkan dengan pemetaan dan menyampaikan hasil penelitian ke masyarakat serta melaksanakan proyek di Nisel sebagai percontohan pariwisata. (MSt/u)

Sumber: Harian SIB Online, 16 September 2006

Facebook Comments