BRR Diadukan Masyarakat Nias ke Tim Pengawas DPR

Wednesday, June 21, 2006
By susuwongi

Jakarta (detik.com):
Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh dan Nias dianggap mengecewakan masyarakat Nias. Sejumlah proyek diduga terindikasi korupsi. BRR pun dilaporkan ke Tim Pengawas BRR di DPR.Warga yang menamakan Elemen Masyarakat Nias dan Nias Selatan itu menilai sejumlah proyek yang dikerjakan di Nias sarat KKN. Modusnya, dengan memenangkan kontraktor yang melakukan penawaran tertinggi, seperti yang terjadi di Satuan Kerja Transportasi Udara yang perkaranya kini ditangani Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Menurut Herman Nduru dari LSM LPP Otda saat bertemu Tim Pengawas BRR DPR di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/6/2006), dalam proyek pembangunan Bandara Silangit senilai Rp 26 miliar yang dikerjakaan Dephub diduga terjadi mark up.Tidak hanya itu, mark up diduga juga terjadi di proyek pembangunan Bandara Aek Godang senilai Rp 5 miliar, Bandara Pinangsori dengan nilai Rp 6 miliar, dan Pelabuhan Gunungsitoli di Mo’awo yang bernilai Rp 4 miliar. “Tapi baru 3 bulan selesai, bangkai pun tidak nampak lagi,” tutur Herman.

Selain proyek yang ditangani Dephub, Herman juga menengarai adanya mark up dalam proyek yang dikerjakan Departemen Pekerjaan Umum, yakni proyek irigasi Humanga Desa Baho, Kecamatan Lotu, yang bernilai Rp 1,5 miliar, tapi fisik di lapangan diperkirakan hanya Rp 400 juta.

Menanggapi laporan tersebut, anggota Tim Pengawas BRR DPR Yasona Laoli berjanji akan menindaklanjuti hal itu.”Kalau manajemennya yang tidak benar, itu yang perlu diperbaiki jangan rumahnya yang kita rusak. Tapi manajemen dalam rumah ini yang perlu kita perbaiki. Oknum dan birokrasinya yang harus diperbaiki,” tutur dia.

Sedangkan Muhaimin Iskandar selaku ketua Tim Pengawas BRR DPR meminta elemen masyarakat Nias melengkapi data yang ada. “Jangan kita hanya mengungkapkan kejelekannya saja seakan-akan tidak ada kebaikannya, ada tapi sedikit,” ujar dia.(umi)

Sumber: Detik.com Selasa, 20 Juni 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2006
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930