HIMNI Beri Dukungan Keinginan Nias Bergabung ke Propinsi Tapanuli

Friday, June 2, 2006
By susuwongi

Sibolga (SIB) – Ketua DPC HIMNI kota Sibolga (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia) Muklis Gea didampingi Sekretaris Robert H Waruhu mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik keinginan masyarakat Nias untuk bergabung dalam rencana pembentukan Propinsi Tapanuli karena hal tersebut dinilai akan membantu meningkatkan SDM masyarakat Nias yang terkesan jauh tertinggal dibanding masyarakat lainnya.

Hal tersebut dikatakannya menjawab wartawan, Selasa (30/5) di Sibolga menanggapi keinginan masyarakat Nias untuk bergabung dengan Propinsi Tapanuli. “Selayaknya kabupaten Nias termasuk kabupaten Nisel bergabung ke Propinsi Tapanuli dengan alasan pengabungan tersebut akan memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan laju pembangunan di Nias dan Nisel termasuk peningkatan SDM,” katanya. Ia berharap, keinginan masyarakat Nias tersebut dapat terealisasi sehingga keadaan Nias baik dari segi aspek pembangunan manusia dan aspek pembangunan daerahnya dapat terbantu.

“Keberadaan ibukota Propinsi yang dekat akan memberikan kontribusi dan efek timbal balik yang positif bagi perkembangan perekonomian daerah tingkat II,” katanya.Ia juga menilai Nias merupakan daerah kepulauan yang mempunyai potensi SDA yang cukup banyak seperti keindahan alam dan hasil laut yang berlimpah namun disayangkan hingga saat ini potensi tersebut belum dapat tergali. Dipastikan salah satu penyebabnya adalah jarak tempuh yang terlampau jauh dengan pemerintahan tingkat I.

“Seperti halnya peningkatan SDM masyarakat Nias yang akan lebih dipermudah dan mempunyai kesempatan yang lebih besar bila berdekatan dengan pusat Pemerintahan tingkat I seperti adanya penambahan guru pengajar di sektor pendidikan serta terbukanya peluan yang besar untuk mendapatkan pendidikan lebih besar,” katanya. Ia juga mengakui, image masyarakat terhadap Nias terkesan kurang membanggakan, salah satu faktornya ialah jarak tempuh yang jauh dan letak geografis yang terpencil namun dengan terbentuknya Propinsi Tapanuli akan mendekatkan Nias dengan ibukota Propinsinya sehingga jarak tempuh dan keterpencilan daerah tersebut dapat diatasi.

“Keadaan demikian akan mempermudah birokrasi Pemerintahan ke tingkat I dari segi geografisnya terlebih dilihat dari historisnya bahwa Nias merupakan bagian daerah Keresidenan Tapanuli sehingga sangat layak dan tidak berlebihan adanya keinginan masyarakat Nias untuk bergabung dalam Propinsi Tapanuli,” katanya.

Dilihat dari administratif Propinsi Sumatera Utara yang memiliki 25 kabupaten/kota sangat dimungkinkan untuk dimekarkan. Diharapkan pihak Pempropsu respon terhadap keinginan masyarakat di wilayah Tapanuli ini.(mps/i)

Sumber: hariansib online, 1 Juni 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2006
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930