Propinsi Tapanuli Sebaiknya Segera Disahkan Demi Peningkaan Perekonomian Rakyat

Sunday, May 28, 2006
By susuwongi

Gunungsitoli (SIB) – Anggota DPR RI asal Nias/Nisel Drs Idealisman Dachi mengharapkan Propinsi Tapanuli secepatnya terbentuk untuk percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Untuk itu, Propinsi Tapanuli sebaiknya segera disahkan.Menurut Idealisman Dachi, Kabupaten Nias dan Nias Selatan akan sangat diuntungkan apabila Propinsi Tapanuli terbentuk, baik dari aspek ekonomi dan politik karena kepulauan Nias secara otomatis akan diperhitungkan dalam kancah politik maupun ekonomi bahkan bisa menjadi play maker dari semua aspek.

“Kalau dilihat dari potensi jumlah penduduk, potensi alam, hasil bumi diyakini, masyarakat Nias dan Nias Selatan dapat berperan lebih aktif di kawasan Tapanuli. Tetapi harus ada komitmen yang tinggi di antara semua unsur daerah untuk menjaga kesetaraan hak dan kewajiban dari masing-masing daerah,” katanya kepada SIB melalui telepon seluler Jumat (5/5) menanggapi pembentukan Propinsi Tapanuli.
Diharapkan pembentukan Propinsi Tapanuli dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Jangan ada yang tidak senang dengan perjuangan ini karena bukan untuk kepentingan kelompok tetapi demi kepentingan masyarakat banyak,” ujarnya. Dengan terbentuknya Propinsi Tapanuli, dampak positifnya cukup besar mewujudkan masyarakat sejahtera dan makmur dengan pertumbuhan pembangunan yang lebih cepat di berbagai aspek.
Sementara sejumlah tokoh masyarakat, adat ,agama, LSM mengharapkan kepada Gubsu Drs Rudolf M Pardede kiranya segera merekomendasikan pembentukan Propinsi Tapanuli karena sudah saatnya Tapanuli menjadi Propinsi untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat dan mempercepat peningkatan pembangunan di berbagai bidang.
Diharapkan Presiden SBY dan Mendagri M Ma’ruf mengakomodir perjuangan tersebut demi kemajuan bagian barat Sumut yang mempunyai potensi sangat besar baik penduduk, alam dan berbagai potensi lainnya. (LZ/o)
Sumber: hariansib online, Sabtu, 27 Mei 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2006
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031