AJI Demo DPRDSU Desak Aparat Usut Kasus Ellyuddin

Thursday, May 4, 2006
By susuwongi

MEDAN (Berita)

Puluhan orang dari Alinasi Jurnalistik Indonesia (AJI) beserta LSM dan elemen mahasiswa, menggelar aksi di Gedung DPRD Sumut.

Dalam aksi yang dipimpin koordinator Dedy Ardiansyah yang juga Ketua AJI Medan, bertujuan untuk kembali mengingatkan bahwa kebebasan pers di Indonesia saat ini belumlah sempurna.

Kenyataannya, kata Dedy dunia pers masih dalam penindasan. Itu dibuktikan dengan banyaknya kasus tindak kekerasan, penganiayaan bahkan pembunuhan yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggungjawab terkait dengan pemberitaan pers.

Satu contoh kasus wartawan Harian Berita Sore, Ellyuddin Telambanua, yang bertugas di Nias Selatan. Hingga saat ini, kata Dedy pihaknya masih menunggu kejelasan nasib wartawan tersebut, yang diduga telah dibunuh terkait pemberitaan masalah Pilkada di Nisel.

Kasus Ellyuddin yang hilang sejak 21 Agustus 2005, belum terungkap siapa pelaku pembunuhnya. Bahkan, kata Dedy, AJI sangat menyesalkan aparat yang sebenarnya sudah tahu siapa pembunuhnya tidak mampu menyeret orang tersebut dengan alasan kurangnya bukti-bukti.

“Kasus ini harus betul-betul diusut tuntas. Jika tidak kekerasan dengan motif serupa yang ditujukan kepada pers pasti akan terjadi lagi,” tandasnya.

Aksi dilakukan dengan damai, yang dilanjutkan dengan berjalan menuju Bundaran Jalan Jendral Sudirman.

Di DPRD Sumut para pengunjukrasa diterim anggota Komisi A DPRD Sumut Abdul Hakim Siagian, yang berjanji akan terus mendesak aparat kepolisian menuntakan kasus ini. “Saya juga terus memantau dan mengikuti perkembangan terkait kasus pembunuhan Ellyuddin,” kata anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.(rie,lin,ely)

Sumber: berita sore online, Rabu, 3 Mei 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2006
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031