BRR Diminta Kordinasi dengan Pemerintah untuk Verifikasi Penerima Bantuan Perumahan di Nias

Tuesday, March 28, 2006
By susuwongi

Gunungsitoli (SIB)

Anggota DPR RI asal pemilihan Nias Drs Idealisman Dachi meminta Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Nias dan Nias Selatan melakukan koordinasi yang baik dengan Pemerintah agar masyarakat yang mendapatkan bantuan perumahan benar-benar para korban bencana.

Sedangkan pemerintah diharapkan memberi dukungan kepada Satker BRR agar kegiatan yang sedang dilaksanakan berjalan dengan baik dan tidak salah pendataan. Camat harus berperan aktif membantu dan menegaskan agar Posko tidak melakukan pemberian data sesukahatinya. Sebelum penyerahan bantuan kepada para pengungsi harus dilakukan verifikasi apakah pantas dan layak setiap orang mendapatkan bantuan tersebut kata Idealisman Dachi melalui telepon selulernya kepada SIB Minggu (26/3) ketika diminta tanggapannya atas keluhan masyarakat Desa Lasara Bahili Kecamatan Gunungsitoli.

Sementara itu Satker yang membidangi pengungsian, Yunus Situmorang, belum lama ini kepada SIB mengatakan bila ada masyarakat yang mendapat bantuan perumahan padahal dia tidak termasuk korban bencana alam tetapi tidur ditenda dengan harapan mendapat bantuan perumahan maka akan dipenjara setidaknya satu setengah tahun hingga dua tahun.

Kepala Dusun III Desa Lasara Bahili E.Zendrato menjelaskan setelah surat Camat Gunungsitoli keluar bahwa yang mendapat rumah hanya 70 KK dan setelah dipelajari ternyata ada penduduk yang tidak berhak justru mendapat bantuan perumahan membuat warga yang tinggal di tenda pengungsi resah karena mereka tidak mendapat bantuan.

Untuk itu diminta kepada BRR dan Pemerintah melakukan verifikasi secara langsung agar yang mendapatkan bantuan perumahan benar-benar korbna yang tinggal selama ini di pengungsian yang berjumlah130 KK.

Dijelaskan ada hal yang paling fatal di mana korban bencana yang ada dilingkungan Desa Lasara Bahili justru tidak didaftarkan oleh pihak Posko yang lebih diutamakan orang yang tidak termasuk korban bencana alam.

Sementara itu Camat Gunungsitoli Yanueli Nazara BA kepada SIB menjelaskan bahwa pihaknya hanya menerima data dari Satker BRR Yunus Situmorang, dan bukan kantor Camat yang membuat datanya sehingga tidak bisa di pertanggungjawabkan. (LZ/A14/e)

Sumber: hariansib online, Selasa, 28 Maret 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2006
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031