Medan, (Analisa)
Hasil kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2005 Pemprovsu, seluruh Pemkab/Pemko kecuali Nias dan Nias Selatan (Nisel) akan diumumkan secara serentak, Senin (20/3). Nama-nama yang dinyatakan lulus seleksi pada 28 Februari 2006 tersebut akan diumumkan di kantor bupati/walikota dan media massa terbitan Medan.
“Seyogianya sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) hasil kelulusan CPNS 2005 akan diumumkan pada Minggu (19/3). Tetapi karena hari itu bertepatan hari libur, maka pengumumannya diundur satu hari,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provsu, Mangasing Mungkur SH MM kepada wartawan, Jumat (17/3).

Penetapan pengumuman hasil kelulusan CPNS 2005 tersebut sudah final dengan dikirimnya surat gubernur Sumut (Gubsu), Drs Rudolf M Pardede ke Kepala BKN dan ditembuskan ke bupati/walikota se-Sumut. Surat Gubsu tersebut intinya menyatakan bahwa pada hari Senin (20/3) hasil kelulusan penerimaan CPNS 2005 akan diumumkan secara serentak.

Mangasing Mungkur mengakui bahwa banyak kabupaten/kota yang kurang setuju dengan penetapan pengumuman pada Senin (20/3) tersebut dan meminta agar diumumkan pada Rabu (22/3). Alasan beberapa daerah tersebut khususnya Kabupaten Dairi karena di daerah tersebut ada perubahan formasi.

“BKN juga menetapkan jadwal pengumuman hasil kelulusan itu tanpa memperhatikan lokasi daerah dan kesulitan lainnya. Akan tetapi dengan surat Gubsu yang ditujukan ke Kepala BKN, maka pengumuman akan tetap dilangsungkan Senin (20/3) secara serentak,” jelasnya.

Menurutnya, BKN menetapkan pengumuman hasil kelulusan CPNS itu juga kerena terkait dengan pemberkasan. Soalnya, untuk penerimaan 2005 ini, terhitung mulai tanggal (TMT) CPNS mulai 1 April 2006 sehingga prosesnya sangat singkat.

Mangasing Mungkur mengakui, seluruh kabupaten/kota sudah menerima hasil rangking kecuali Kabupaten Samosir. Khusus Samosir, saat ini, Jumat (17/3) sudah melakukan pembacaan jawaban dan dilanjutkan dengan perangkingan dan diharapkan bisa mengumumkan hasil kelulusan secara serentak dengan kabupaten/kota lainnya.

RANKING

Hasil rangking penerimaan CPNS 2005 tidak diumumkan kepada publik tetapi masyarakat (publik-red) berhak memperoleh infornmasi atau melihat hasil perangkingan tersebut. Bahkan, apabila ada peserta ujian merasa tidak puas dengan penetapan rangking tersebut, bisa melihat lembar jawaban komputer (LJK) yang disimpan koordinator penerimaan CPNS 2005 di Kantor BKD Propsu.

“Awalnya memang kita berkeinginan agar rangking itu dipublikasikan, tetapi daerah tidak menyetujuinya dengan alasan takut ada beberapa oknum yang menyalahgunakannya. Saya bisa jamin permainan tidak ada soal penetapan rangking tersebut, soalnya akan diberikan kesempatan untuk melihat LJK masing-masing peserta ujian penerimaan CPNS 2005,” jelasnya.

Nias dan Nias Selatan

Sementara itu, pada hari yang sama, Senin (20/3), Pemkab Nias dan Nias Selatan akan menyelenggarakan ujian penerimaan CP NS 2005 dengan materi ujian yang berbeda. Di dua kabupaten tersebut sebanyak 12.763 akan mengikuti ujian baik untuk pelamar umum dan pelamar tenaga honorer.

Dari 12.763 pelamar tersebut untuk Nias sebanyak 7.862 dari pelamar umum 6235 orang, untuk tenaga honorer 1.627 orang. Sedangkan di Nias Selatan 4.901 orang dari pelamar umum 4063 orang dan dari tenaga honorer 838 orang.

Pemeriksaan LJK tetap di lakukan pusat komputer USU. Ditargetkan sekitar lima hari hasil kelulusan CPNS 2005 sudah bisa diumumkan,” katanya sembari mengatakan bahwa pemeriksaan LJK yang dilakukan USU berlangsung baik. (di)

Sumber: analisadaily online, Sabtu, 18 Maret 2006

Facebook Comments