BRR Alokasikan Dana Rp 1,1 Trilyun untuk Proses Rahabilitasi Nias

Thursday, January 26, 2006
By susuwongi

Medan (Analisa)

Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BBR) pada Tahun Anggaran 2006 alokasikan dana dalam bentuk proyek senilai Rp1,1 trilyun untuk rehabilitasi pembangunan Nias.

Proyek lanjutan 2005 tersebut, diarahkan untuk pembangunan infrastruktur jalan, perumahan, pengendalian banjir, pengamanan pantai termasuk rencana rehabilitasi enam pelabuhan di Nias.

“Untuk melaksanakan pembangunan ini, diharapkan dukungan dan koordinasi dinas-dinas di lingkungan Pemprovsu sebagai penggerak untuk satuan kerja (Satker). Selain itu juga diharapkan dukungan masyarakat setempat membantu pembebasan tanah,” kata Deputy for Hoursing Infrastructure and Land BRR NAD-Nias, Eddy Purwanto, kepada Wagubsu Drs Rudolf M Pardede di kediaman pribadi Wagubsu Jalan Selamet Riyadi Medan, Rabu (25/1).

Eddy Purwanto didampingi Kepala Perwakilan BRR di Nias, William Sahbandar, mengatakan, untuk 2005 percepatan rekonstruksi terutama pembangunan perumahan sudah dimulai. Diharapkan hingga April 2006 akan selesai pembangunan 1.000 unit rumah di Nias.

Kepada Wagubsu, Eddy Purwanto mengatakan, hal yang penting diperhatikan masalah angkutan seperti ferry dan kapal-kapal kecil untuk mengangkut bahan material dari luar Nias.

Karena menurutnya, angkutan merupakan kendala utama yang dihadapi dalam proses percepatan pembangunan dan rehabilitasi di Nias

Permasalahan lainnya yang dihadapi BRR di Nias yakni masalah dukungan dan kesadaran masyarakat untuk membantu proyek pembangunan rehabilitasi ini. Soalnya, masyarakat di Nias banyak yang meminta ganti rugi tanah secara berlebihan.

“Seperti masalah pembangunan jalan menuju Bandara Binaka, pelebaran jalan yang sebelumnya 4 meter dilebarkan menjadi 6 meter, normalisasi sungai dan pembuatan bronjong-bronjong. Untuk itu, kami meminta Pemprovsu dan pemerintah kabupaten dapat bersama BRR melakukan beberabgai upaya terhadap pembangunan di Nias,” kata Purwanto.

Dalam pertemuan tersebut, Wagubsu menyatakan bahwa komitmen Pemerintah untuk membangun Nias cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan setiap tahun anggaran untuk Nias semakin meningkat.

Selain itu, dukungan dari negara-negara donor untuk membantu Nias juga cukup besar.

“Pemprovsu pada intinya tetap mendukung tugas-tugas BRR dengan mengalokasikan anggaran pada APBD untuk pembangunan Nias. Semua dukungan itu bisa berjalan optimal bila Pemda dan masyarakat setempat ingin mewujudkan Nias baru dengan cara berpartisipasi, bahkan diperlukan berkorban demi kemajuan Nias pada masa mendatang,” kata Wagubsu.

Wagubsu mengatakan, percepatan pembangunan di Nias akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Dengan adanya proyek di Nias akan terbuka lapangan kerja baru dan pemberdayaan wirausaha untuk melaksanakan berbagai proyek,” ujarnya

Untuk mengatasi permasalahan bahan material di Nias, Wagubsu mengatakan akan mengajak dunia usaha untuk bisa mendatangkan bahan material yang lebih berkualitas.

“Nanti Saya juga akan mengajak perusahaan angkutan laut termasuk penerbangan ke Gunung Sitoli, karena saat ini jalur penerbangan yang ada sangat padat,” katanya. (di)

Sumber: hariansib Online, Kamis, 26 Januari 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2006
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031