Ahli Gempa Jepang Temui Wagubsu Rekomendasikan Teknis Rekonstruksi Bangunan untuk Nias

Tuesday, January 3, 2006
By susuwongi

Medan, (Analisa)

Sejumlah arsitek dan ahli gempa asal Jepang menemui Wagubsu Rudolf M Pardede di kediamannya, Jalan Slamet Riyadi Medan, Selasa (3/1). Pertemuan ini dimaksudkan memberikan masukan mengenai teknis rekonstruksi bangunan di Nias pascagempa dan tsunami.

Pakar gempa dan arsitek asal Jepang tersebut antara lain, Dr Kiyono Junji dari Kyoto University, Prof Aydan Omer dari Tokai University, Mr Endo Ichiro Geotechnical Engineering dari Taisei Kiso Sekkei Co Ltd, Dr Shigeru Miwa Geotechnical Earthquake Engineering dari Tobishima Corp dan lainnya.

Sedangkan Wagubsu didampingi Kadis Jalan dan Jembatan Provsu Ir Hj Roslila Sitompul, Kadis Pengairan Propsu Hafas Fadhillah, Kadis Tarukim Ir Syafruddin Siregar MSi dan Kabappedasu.

Dalam pertemuan ini, Dr Kiyono menyampaikan bahwa timnya yang terdiri dari asosiasi teknik sipil, arsitek dan ahli gempa asal Jepang telah melakukan serangkaian riset di Nias guna mengetahui kondisi tekstur tanah di daerah tersebut pasca-gempa.

Penelitian ini dilakukan sebagai bahan masukan untuk teknis rancang bangun rekonstruksi dan rehabilitasi Nias ke depan.

“Kami hanya menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu daerah yang terkena gempa. Dengan tim yang anggotanya di Jepang mencapai 4.000 orang ini diharapkan dapat diketahui bagaimana teknis bangunan yang bisa bertahan menghadapi gempa bila terjadi lagi di masa mendatang,” ungkapnya.

Kepada Wagubsu, Dr Kiyono dan anggota timnya juga memaparkan hasil penelitian mereka selama ini di Nias serta rekomendasi untuk pembangunan Nias ke depan.

Menurut Kiyono, rekomendasi tersebut nantinya akan dipaparkan secara luas di Nias pada 5 Januari 2005 dan di Medan 6 Januari 2005.

Menyikapi hal ini, Wagubsu menyambut positif. Dengan berbagai masukan tersebut, rekonstruksi dan rehabilitasi Nias nantinya diharapkan bisa lebih baik lagi.

Untuk itulah, Wagubsu berharap hasil rekomendasi penelitian para pakar gempa dan bangunan ini dapat dikombinasikan dengan rencana rekonstruksi dan rehabilitasi Nias.

“Namun, kami juga berharap agar para ahli gempa dan bangunan ini juga dapat melakukan penelitian di daerah lain di Sumatera Utara yang juga terkena gempa beberapa waktu lalu,” harap Wagubsu. (di)

Sumber: hariansib Online, Rabu, 4 Januari 2006

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2006
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031